BERITA

Banjir Rob Terjang Pesisir Trenggalek

Banjir Rob Terjang Pesisir Trenggalek

KBR, Trenggalek- Banjir rob menerjang sejumlah pantai di pesisir selatan Trenggalek, Jawa Timur, mengakibatkan puluhan kios dan warung milik warga terendam. Banjir rob juga menyebabkan sejumlah kapal nelayan mengalami kerusakan.

Banjir kali ini merata terjadi di tiga kawasan pesisir Trenggalek, yakni kecamatan Watulimo, Munjungan dan Kecamatan Panggul.

Di pantai Cengkrong, Kecamatan Watulimo, misalnya, banjir rob merendam sekitar 60 warung yang berjajar di pinggir pantai. Menurut salah satu pedagang, Sumini, banjir kali ini mencapai ketinggian lebih dari setengah meter.

"Semua warung di sini terendam, ada sekitar 60-an warung, tidak bisa aktifitas jualan sama sekali," katanya, Selasa (06/08).

Menurut salah seorang warga, Suprihatin, banjir rob sudah terjadi selama dua hari terakhir, namun kondisi paling parah terjadi pada hari ini. Menurutnya, terjangan banjir mengakibatkan sejumlah peralatan warung mulai dari meja kursi serta perabot lainnya banyak rusak.

"Ini termasuk terbesar, kalau biasanya pada saat musim pasang juga naik, hanya saja tidak sampai seperti ini. Untuk yang dua hari terakhir ini cukup besar," kata Suprihatin.

Terjangan banjir serupa juga terjadi di pantai Prigi, Kecamatan Watulimo, Pantai Konang, Kili-kili Kecamatan Panggul, dan pantai Blado dan pantai Ngampiran di Kecamatan Munjungan. Selain merendam warung,  banjir juga mengakibatkan sejumlah kapal nelayan yang sedang bersandar di kawasan pantai ikut terbawa arus banjir dan mengalami kerusakan.

Di sisi lain banjir rob juga berdampak langsung terhadap kunjungan wisata, hampir di seluruh kawasan wisata pantai di Trenggalek mengalami penurunan jumlah wisatawan yang datang.

Editor: Dimas Rizky 

  • Cuaca Buruk
  • rob
  • banjir rob

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • mohtarom8 years ago

    semoga banjir rob yang melanda wilayah Trenggalek tidak berkepanjangan dan tidak separah banjir rob yang melanda Jakarta