Bagikan:

Kerjasama KBR dengan NLR INDONESIA

Menjaring Mahasiswa dalam Penanganan Kusta

Dalam kondisi kusta yang masih menular di masyarakat, minat dan perhatian pada penanganan kusta di kalangan kampus dan mahasiswa ilmu kesehatan masih minim.

RAGAM

Rabu, 25 Mei 2022 20:59 WIB

Menjaring Mahasiswa dalam Penanganan Kusta

Webinar Campus to Campus - Peran Kampus dan Mahasiswa sebagai Agent of Change dalam Upaya Indonesia Bebas Kusta

KBR, Jakarta – Kusta masih menjadi masalah kesehatan bahkan sosial yang membutuhkan perhatian serius. Indonesia masih tercatat sebagai negara dengan kasus kusta tertinggi ketiga di dunia setelah India dan Brazil. Selama hampir 1 dekade ini jumlah kasus baru kusta tahunan di Indonesia tergolong stagnan yaitu antara 15.000 hingga 17.000 kasus.

Dalam kondisi kusta yang masih menular di masyarakat, minat dan perhatian pada penanganan kusta di kalangan kampus dan mahasiswa ilmu kesehatan masih minim. Padahal sebagai generasi di era digital, mereka diharapkan mengambil peran dalam upaya penanggulangan kusta dan konsekuensinya. Pemanfaatan kemajuan teknologi terutama media sosial menjadi strategi yang dapat dipilih oleh kelompok mahasiswa ilmu kesehatan ini.

Untuk mendorong pemanfaatan teknologi oleh mahasiswa sebagai agent of change, NLR Indonesia menginisiasi kegiatan Webinar Campus to Campus yang akan dilaksanakan pada Kamis, 19 Mei, pukul. 14.00-15.30 WIB secara daring (zoom)* dan disiarkan melalui Youtube oleh Radio Jaringan KBR.

Dalam acara ini dibahas hal seputar mitos-fakta tentang kusta, dan prinsip dan strategi promosi kesehatan di dunia kampus. Selain itu, sampaikan pula media alternatif kampanye kesehatan untuk menaikkan minat mahasiswa dan tenaga kesehatan muda dalam menyuarakan masalah kusta.

Webinar ini diikuti oleh sekitar 250 mahasiswa yang diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam menyebarluaskan informasi yang benar seputar kusta dan stigma. Mereka dibekali pengetahuan dari narasumber kredibel yaitu Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Wiralodra Indramayu H. Sutangi, S.Kp, M.Kes, Wakil Supervisor Kusta Dinkes Kab. Subang Suwata, SKM dan Kepala Bidang Kerjasama Antar Lembaga, Jaringan Media Siber Indonesia Jawa Barat, Denny Suryadharma.

Baca juga: Ubah Perilaku dan Stigma Penyandang Kusta, Ini Potret Desa Sahabat Kusta di Minahasa Utara

Diharapkan melalui webinar ini, mahasiswa memperoleh pengetahuan dasar yang benar tentang kusta, mitos dan fakta kusta serta dampaknya dalam penanggulangan kusta di Indonesia. Mahasiswa juga makin termotivasi untuk berpartisipasi aktif sebagai agen perubahan dalam penanganan kusta melalui cara-cara yang kreatif dan berkesinambungan di era digital ini. Dan juga makin banyak mahasiswa ilmu kesehatan yang berminat bekerja untuk penyakit tropis terabaikan terutama kusta.

Kegiatan webinar campus to campus ini merupakan rangkaian proyek SUKA (Suara untuk Indonesia Bebas dari Kusta) yang diinisiasi NLR Indonesia sejak 2021 untuk mengedukasi publik secara kontinyu tentang kusta dan konsekwensinya. Proyek ini menggandeng media, komunitas blogger, universitas, sektor swasta, organisasi profesi dan organisasi penyandang disabilitas.

Editor: Paul M Nuh

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Haruskah Ikut Program Pengungkapan Sukarela?