RAGAM

Inspiranation with 13th SATU Indonesia Awards 2022: Pendidikan Nyawa Masa Depan Bangsa

""Jadikan setiap tempat sebagai sekolah, jadikan setiap orang sebagai guru" (Ki Hajar Dewantara)"

Paul M Nuh

Inspiranation with 13th SATU Indonesia Awards 2022: Pendidikan Nyawa Masa Depan Bangsa
Achmad Irfandi (kanan bawah) Pekerja Seni Zeezee Shahab (kiri bawah), Prof. Fasli Jalal (kanan atas) dan host Sheryl Sheinafia (kiri atas)

KBR, Jakarta - Sinergi dan kolaborasi berbagai pihak sangat diperlukan untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu. Seperti diungkapkan tokoh pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara, "Jadikan setiap tempat sebagai sekolah, jadikan setiap orang sebagai guru".

Penggalan kalimat ini tepat sekali disematkan kepada sosok Penerima Apresiasi 12th Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2021 Bidang Pendidikan Achmad Irfandi. Irfandi bukan seorang guru, tapi idenya sangat tak ternilai. Dia adalah seorang pemuda yang menginisiasi sebuah kampung di Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo menjadi Kampung Lali Gadget. Melalui kampung yang diciptakan bersama rekan-rekannya ini, ia membantu generasi muda setempat melawan kecanduan gadget dengan cara mengenalkan permainan tradisional.

“Mendirikan Kampung Lali Gadget sebagai daya tawar anak-anak untuk mengimbangi kecanduan atau dominasi gadget sehingga anak-anak lebih punya pilihan untuk bermain permainan tradisional yang lebih mendidik karakter anak-anak daripada bermain game online”, ujar Achmad Irfandi.

Kisahnya ia bagi dalam dalam webinar Inspiranation with 13th SATU Indonesia Awards 2022 “Pendidikan Nyawa Masa Depan Bangsa” hari ini (13/5) yang dihadiri oleh Rektor Universitas YARSI & Guru Besar Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta Prof. Fasli Jalal yang juga merupakan salah satu dewan juri SATU Indonesia Awards, Pekerja Seni, Zeezee Shahab dan dipandu oleh Sheryl Sheinafia.

Prof. Fasli dan Zeezee berharap, generasi muda berperan dalam bidang pendidikan. “Pendidikan yang dapat menuntun kita menjadi bangsa yang maju. Semua itu ada di tangan kalian para generasi muda yang mampu mengubahnya,” ujar Prof. Fasli Jalal.

“Kita harus sadari bahwa segala kemajuan suatu negara tergantung pada pendidikannya. Alangkah mulia jika kita tidak hanya fokus pada pendidikan masing-masing tapi bisa berkontribusi positif seperti apa yang dilakukan Mas Achmad Irfandi,” ujar Zeezee yang menamatkan gelar lulus S2 dengan predikat cum laude.


Mengenal Kampung Lali Gadget

Kampung Lali Gadget (KLG) merupakan program yang digerakkan Achmad Irfandi, pemuda asli Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, sejak 1 April 2018. Ia menggerakkan program ini berdasarkan kekhawatirannya terhadap bahaya kecanduan gadget yang dialami anak-anak.

Program Irfandi mengajarkan edukasi budaya, kearifan lokal, olahraga, mengenal satwa, juga permainan tradisional. Kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi kecanduan anak terhadap gawai. Melalui program ini Achmand Irfandi berhadap kampungnya berkembang menjadi desa wisata, atau jujugan orang tua yang ingin melakukan wisata edukasi.

Tahun ini Astra kembali menggelar 13th SATU Indonesia Awards 2022. Penerima apresiasi tingkat nasional akan mendapatkan dana bantuan kegiatan sebesar Rp65 juta serta pembinaan kegiatan. Selain itu, Astra juga memberikan apresiasi di tingkat provinsi.

Adapun jajaran dewan juri 13th SATU Indonesia Awards 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Prof. Nila Moeloek (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia)
  2. Prof. Emil Salim (Dosen Ilmu Lingkungan Pascasarjana Universitas Indonesia)
  3. Prof. Fasli Jalal (Rektor Universitas YARSI dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta)
  4. Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan)
  5. Onno W. Purbo Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi)
  6. Arif Zulkifli (Direktur Utama PT Tempo Inti Media Tbk)
  7. Dian Sastrowardoyo (Pegiat Seni)
  8. Billy Boen (Founder Young On Top)
  9. Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communications Astra)
  10. Diah Suran Febrianti (Head of Environment & Social Responsibility Astra).

Dalam 13th SATU Indonesia Awards 2022, Astra kembali bekerjasama dengan beberapa partner yaitu Tempo, Antara, Kumparan, IDN Times dan Young On Top.

Informasi lengkap serta pendaftaran dapat dilihat di www.satu-indonesia.com. Pendaftaran peserta dibuka hingga 9 Agustus 2022.

Semangat Achmad Irfandi atas kepeduliannya pada anak-anak dengan mendirikan Kampung Lali Gadget sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

Baca juga: Membangun Kecakapan Hidup Siswa-Siswi Binaan, YPA-MDR Bentuk Komunitas Pembatik Cilik

  • adv
  • PT Astra International Tbk
  • SATU Indonesia Awards
  • pendidikan
  • apresiasi
  • sekolah
  • desawisata

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!