HEADLINE

Presiden: Sisir dan Pangkas Anggaran Tak Penting di Kementerian/Lembaga Negara

Presiden: Sisir dan Pangkas Anggaran Tak Penting di Kementerian/Lembaga Negara

KBR, Jakarta - Presiden, Joko Widodo meminta, kementerian dan lembaga negara memangkas anggaran yang tidak penting. Jokowi mengatakan pemangkasan tersebut dilakukan, sebagai upaya memfokuskan pengalihan anggaran dana untuk penanganan COVID-19.

“Terkait refocussing dan realokasi anggaran APBN 2020, saya ingin menekankan sekali lagi agar seluruh kementerian, seluruh lembaga dan seluruh pemerintah daerah menyisir ulang kembali, APBN dan APBD-nya. Pangkas belanja-belanja yang tidak prioritas, potong rencana belanja yang tidak mendesak,” ujar Presiden Jokowi dalam video conference pada Selasa (14/4/2020).

Jokowi meminta alokasi anggaran untuk perjalanan dinas sampai pengeluaran rapat, dialihkan untuk penanganan COVID-19. Misalnya untuk membantu penanganan dalam hal kesehatan maupun penstabilan perekonomian negara.

“Perjalanan dinas, rapat-rapat, belanja-belanja lain yang tidak dirasakan langsung oleh rakyat fokuskan semuanya, fokuskan semua kekuatan kita pada upaya penanganan COVID-19. Baik itu di bidang kesehatan maupun penanganan dampak sosial ekonomi,” seru Jokowi.

Ia mengingatkan bahwa saat ini, pemerintah tengah memfokuskan anggaran penanganan pandemi COVID-19 pada tiga hal yakni bidang kesehatan, pemerataan jaring pengaman sosial, dan stimulus bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Editor: Fadli Gaper

  • pangkas anggaran
  • COVID-19

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!