NASIONAL

Usul Pemilu 2024 Diundur, Ini Alasan Muhaimin

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat berkunjung di Cirebon, Jabar, Senin (28/2/22). (KBR/Frans M.)

KBR, Cirebon- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengusulkan Pemilu 2024 diundur. Wakil Ketua DPR yang akrab yang disapa Cak Imin beralasan perbaikan ekonomi.

“Soal Pemilu diundur adalah ide saya,” katanya, Senin (28/02/2022).

Muhaimin berkata, hal tersebut dia usulkan  agar momentum perbaikan ekonomi yang terpukul akibat dari Pandemi COVID-19 tidak terganggu. Sehingga, ekonomi di Indonesia terus berjalan dan bangkit.

“Untuk bagaimana agar momentum pertumbuhan ekonomi yang membaik ini tidak terganggu, sehingga kita menggunakan momentum ini tidak terganggu oleh Pemilu,” ujarnya.

Baca juga:

- Mahfud MD Dukung Gagasan Pembentukan Pengadilan Pemilu

- Sudah Masuk Tahapan Pemilu, DPR: Tak Mungkin Revisi Presidential Threshold


Namun, kata dia pernyataan Pemilu 2024 diundur hanya usulan, direstui atau tidak ia menyerahkannya kepada Presiden dan Partai-partai. 

“Tapi semua tergantung pada Presiden dan Partai-partai. Ya biasa, namanya usulan pasti ada pro dan kontra,” pungkasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum berencana memulai tahapan persiapan Pemilu 2024 pada Juni mendatang. Langkah itu ditempuh menyusul keputusan bersama antara KPU, DPR, dan pemerintah terkait hari pemungutan suara pada 14 Februari 2024. Berdasarkan Undang-Undang Pemilu, tahapan Pemilu dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara atau Juni tahun ini.


Editor: Rony Sitanggang

  • Pemilu 2024
  • KPU
  • Prokes
  • Pemilu 2024 Diundur
  • Muhaimin ISkandar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!