Positif Covid-19, Ganjar Prioritaskan Vaksinasi Napi Nusakambangan

"Karena ini menjadi kelompok rentan akan mendapatkan prioritas vaksin,"

BERITA | NUSANTARA | RAGAM

Sabtu, 27 Mar 2021 12:36 WIB

Author

Anindya Putri

Positif Covid-19,  Ganjar Prioritaskan Vaksinasi Napi Nusakambangan

Ilustrasi: Lapas Pasir Putih Nusakambangan. (KBR/Ridlo)

KBR, Semarang-     Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo akan memprioritaskan vaksinasi bagi narapidana  lapas Nusakambangan. Ia mengungkapkan, prioritas vaksinasi diberikan pasca ratusan napi dan puluhan petugas lapas di Nusakambangan positif covid-19.

"Beberapa warga binaan dalam satu kamar itu banyak sekali dan rentan maka sekarang pencegahannya mereka tidak boleh bertemu pengunjung dan harus diisolasi. Maka yang bisa mencegah pegawai lapasnya kalau mereka bisa mencegah dan tidak kontak langsung akan membantu. Karena ini menjadi kelompok rentan akan mendapatkan prioritas vaksin," ungkap Ganjar di Semarang, Jumat (26/03/21).

Menurut Ganjar, warga binaan lapas Nusakambangan termasuk dalam kelompok rentan terpapar covid-19 lantaran tinggal di dalam satu kamar dengan jumlah yang sangat banyak. Selain itu, Ia meminta agar pengelola lapas melakukan pengetatan dengan melarang tamu berkunjung.

"Untuk kunjungan tamu bisa ditiadakan dulu. Bisa juga kan secara virtual," jelasnya.

Ia juga mengimbau kepada pegawai Lapas untuk berhati-hati dan menerapkan disiplin protokol kesehatan ketat. Mengingat petugas yang berkegiatan di luar lapas, juga harus menjaga diri agar tidak menularkan pada warga binaan.

"Petugas juga harus bisa menerapkan prokes agar tidak menularkan napi," imbuhnya.

Baca: Positif Covid-19, Ratusan Napi Nusakambangan Isolasi di Blok Khusus

Sebanyak 235 orang yang terdiri dari warga binaan dan petugas lapas Nusakambangan terkonfirmasi positif covid-19 tanpa gejala (OTG).  Otoritas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Pulau Nusakambangan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah mengisolasi ratusan narapidana (napi) tersebut. 

Editor: Rony Sitanggang


Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

'Kiat Membuat Quality Time Bareng Keluarga'

Kabar Baru Jam 7

Sekolah Tatap Muka Mesti Diawasi

Kabar Baru Jam 8

Vaksinasi Covid-19 saat Berpuasa