Pandemi, Jokowi Targetkan 40 Juta Orang Dapat Vaksinasi Sampai Juni 2021

"Sebanyak 12 juta vaksin telah didistribusikan ke 34 provinsi dan 514 kabupaten dan kota. Target vaksinasi pada periode Januari sampai Juni adalah 40 juta orang"

BERITA | NASIONAL | RAGAM

Jumat, 05 Mar 2021 10:10 WIB

Author

Dwi Reinjani

Pandemi, Jokowi Targetkan 40 Juta Orang Dapat Vaksinasi Sampai Juni 2021

Tangkapan layar Presiden Jokowi menjelaskan penanganan kasus Covid, Kamis (04/03). (Medsos Setpres)

KBR, Jakarta-    Pemerintah menargetkan 1 juta vaksinasi setiap hari diberikan kepada masyarakat. Kata dia, hingga Juni 2021 peserta vaksin di Indonesia harus mencapai 40 juta orang, agar target pemerintah dalam memberikan vaksinasi kepada 70 persen penduduk tercapai dan tepat waktu.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi hingga hari ini sudah lebih dari 2 juta orang sudah disuntik vaksin dan sebanyak 12 juta vaksin telah didistribusikan ke 34 provinsi dan 514 kabupaten dan kota. Target vaksinasi pada periode Januari sampai Juni adalah 40 juta orang dan kita mengatakan 1 juta orang harus divaksinasi setiap hari agar pelaksanaan vaksinasi di kita selesai tepat waktu sesuai target yang sudah kita berikan.” Ujar Jokowi medsos  Sekretariat Presiden, Kamis (05/03/2021).

Jokowi juga mengatakan, saat ini vaksin prioritas telah diberikan ke beberapa golongan seperti tenaga kesehatan, lansia, jurnalis, pedagang pasar, petugas pelayanan publik dan anggota TNI-Polri. Terkait jumlah vaksin yang telah dimiliki Indonesia hingga saat ini berjumlah 38 juta vaksin dengan rincian tiga  juta vaksin jadi dan 35 juta vaksin berbentuk bahan baku.

Namun target tersebut memiliki kendala, menurut Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, saat ini seluruh dunia berebut untuk mendapatkan vaksin, sehingga ketersediaan vaksin masih sangat terbatas. Bahkan ia mengatakan untuk periode Maret hingga April vaksinasi hanya bisa diberikan untuk 500 ribu peserta setiap hari, sehingga target 1 juta vaksinasi baru bisa terlaksana pada  Juli atau Agustus.


Editor: Rony Sitanggang


Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ramai-ramai Mudik Dini

Ramadan (Masih) dalam Pandemi Covid-19

Kabar Baru Jam 8

Disability Right Fund (DRF) Mitra Disability People Organisation (DPO)