Kerjasama KBR dengan SATGAS COVID-19

Capaian Positif Bisa Diraih dengan Meningkatkan Kepatuhan Protokol Kesehatan

diharapkan dengan bertambahnya daerah yang masuk zona hijau, maka angka kasus positif baru dapat semakin menurun.

RAGAM

Minggu, 21 Mar 2021 20:33 WIB

Author

Paul M Nuh

Capaian Positif Bisa Diraih dengan Meningkatkan Kepatuhan Protokol Kesehatan

Ilustrasi. Pembongkaran warung yang melanggar prokes di Taman Hiburan Rakyat Unyur, Serang, Banten, Sabtu (20/3/2021). ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.

JAKARTA – Dalam sepekan terakhir perkembangan peta zonasi di 423 kabupaten/kota mayoritas masih berada di zona kuning (76-90%). Data kepatuhan berdampak pada menurunnya kasus positif dalam beberapa pekan.

"Berdasarkan data, dalam 1 minggu terakhir, sebanyak 144 kabupaten/kota memiliki kepatuhan memakai masker di level 76 sampai 90 persen. Selain itu sebanyak 115 kabupaten/kota memiliki kepatuhan memakai masker di level 91 - 100 persen (zona hijau)," jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (18/3/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Data satgas menunjukkan 88 kabupaten/kota ada di level 61 - 75% atau zona oranye dalam kepatuhan memakai masker. Selanjutnya masih dari zona Kepatuhan memakai masker, sebanyak 88 kabupaten/kota memiliki kepatuhan di level 61 - 75% atau zona oranye. Serta sebanyak 76 kabupaten/kota dibawah 60% (zona merah).

Berikutnya data kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan, sebanyak 167 kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan sebesar 76 - 90% (zona kuning). Sebanyak 101 kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan 91 - 100% (zona hijau). Sebanyak 86 kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan diantara 61 - 75% (zona oranye) dan sebanyak 69 kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan dibawah 60% (zona merah).

"Secara umum, mayoritas kabupaten/kota sudah cukup patuh dalam memakai masker serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Tentunya hal ini adalah capaian positif," jelas Wiku.

Dan kepatuhan ini berkontribusi terhadap penurunan kasus positif selama beberapa minggu terakhir. Dan diharapkan dengan bertambahnya daerah yang masuk zona hijau, maka angka kasus positif baru dapat semakin menurun.

"Saya meminta daerah yang sudah patuh, dapat terus mempertahankan kepatuhannya. Bagi daerah lainnya, yang tingkat kepatuhannya masih rendah, maka harus kembali ditingkatkan," pungkas Wiku.

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun).

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Jurus Investasi Reksadana Antitekor

Kiat Asyik Tegakkan Prokes saat Rayakan Hari Raya

Kabar Baru Jam 7

Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19 Klaster Idulfitri