NASIONAL

Tiap Tahun Perokok Anak di Indonesia Meningkat 17 Persen

"KBR68H, Jakarta - Komisi Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT) menyatakan jumlah perokok anak rata-rata meningkat 17 persen per tahun."

Abu Pane

Tiap Tahun Perokok Anak di Indonesia Meningkat 17 Persen
perokok anak, anti rokok, pecandu rokok, iklan rokok

KBR68H, Jakarta - Komisi Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT) menyatakan jumlah perokok anak rata-rata meningkat 17 persen per tahun di Indonesia.

Ketua Dewan Penasehat Komnas PT Kartono Mohammad mengatakan, pada 2013 lalu jumlah perokok aktif di Indonesia mencapai lebih dari 61,4 juta jiwa. Sekitar 14-15 persen di antaranya merupakan anak perokok.

"Sekarang kalau tidak salah sekitar 15 persen dari anak-anak di bawah 15 tahun adalah perokok. Meningkat, meningkatnya sampai 17 persen lebih per tahun. Jadi tinggi sekali, dan jumlah perokok antara 5 hingga 9 tahun meningkat. Berarti anak-anak balita sudah merokok," ujar Kartono di Jakarta, Senin (3/3).

Ketua Dewan Penasehat Komnas PT Kartono Mohammad menilai, meningkatnya jumlah perokok anak di Indonesia disebabkan masih adanya iklan rokok di televisi.

Impor tembakau bahan rokok putih yang mencapai 100 ribu ton pertahun juga dinilai memicu pertumbuhan perokok anak. Komnas Pengendalian Tembakau bahkan mengecam rendahnya pendidikan tentang bahaya merokok pada keluarga.

Editor: Rony Rahmatha

  • perokok anak
  • anti rokok
  • pecandu rokok
  • iklan rokok

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!