RAGAM

Speak the Unspoken: Gen Z Sebagai Penentu Perubahan Masa Depan

"Generasi Z atau Zoomers didefinisikan sebagai kelompok orang yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012."

KBR

Speak the Unspoken: Gen Z Sebagai Penentu Perubahan Masa Depan
Speak the Unspoken: Gen Z Sebagai Penentu Perubahan Masa Depan.

KBR, Jakarta - Generasi Z atau Zoomers didefinisikan sebagai kelompok orang yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Gen Z tidak segan menggagas ide-ide segar yang kreatif dan inovatif (out of the box) untuk menciptakan sesuatu yang baru, berani mengungkapkan pendapat dan bersuara, dan memiliki tekad yang sangat kuat.

Potensi cemerlang dari penggabungan antara karakter Gen Z dengan berbagai kemudahan teknologi dan aksesibilitas digital yang dimiliki memungkinkan mereka untuk menjadi agen perubahan yang akan menentukan citra masa depan di berbagai bidang kehidupan.

Gen Z diharapkan dapat menjadi agen perubahan (Agent of Change) yang mampu mendobrak hal-hal yang dianggap ‘tabu’, merubah norma-norma sosial yang sudah tidak lagi sesuai dan menciptakan lingkungan yang lebih baik di masa depan.

Menurut Djadjat Sudrajat - Senior Program Officer Rutgers Indonesia, Gen Z merupakan generasi yang lahir ditengah hiruk pikuk teknologi informasi. Bahkan, di beberapa literatur disebut sebagai generasi internet. Gen Z memang merupakan generasi yang ketika lahir sudah dikelilingi oleh berbagai macam media, baik gadget, ataupun sarana-sarana lainnya.

Djadjat Sudrajat menjelaskan perbedaan generasi Gen Z dengan generasi lainnya yaitu ketika Gen Z lahir sudah didukung dengan berbagai kemudahan teknologi baik dalam hal internet yang sudah semakin canggih atau arus informasi yang mudah diakses.

Hal tersebut menyebabkan Gen Z memiliki pengetahuan yang tinggi, berani mengambil inisiatif, dan terbiasa untuk melakukan multitasking dengan berbagai macam kemudahan dari kemajuan teknologi tersebut.

Tertarik mengetahui lebih jauh soal Gen Z sebagai penentu perubahan masa depan? Silahkan Anda simak kelanjutan obrolannya di KBR Prime, Spotify dan Youtube Berita KBR.

Baca juga: Speak the Unspoken: Memutus Rantai Kekerasan Seksual Harus dari mana? - kbr.id

  • nativead
  • gen z
  • out of the box
  • agent of change
  • tabu

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!