Bagikan:

ADVERTORIAL

Omicron Melonjak, Habitat Kembali Ajak Masyarakat Sediakan Tempat Singgah Pejuang Medis

Habitat Indonesia sejak 2020 telah menginisiasi program Tempat Singgah Pejuang Medis. Habitat telah membantu lebih dari 2000 tenaga kesehatan dari 12 RS di Jakarta, Tangerang, dan Surabaya.

RAGAM

Jumat, 25 Feb 2022 09:34 WIB

Omicron Melonjak, Habitat Kembali Ajak Masyarakat Sediakan Tempat Singgah Pejuang Medis

Suasana Konfereksi Pers Virtual: Tempat Singgah Pejuang Medis

KBR, Jakarta – Penyebaran virus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak dengan varian baru Omicron. Pada 17 Februari 2022, angka kasus positif mencapai lebih dari 5 juta kasus dimana kasus mingguan meningkat 1.5x. Kasus harian juga memecahkan rekor dengan lebih 64 ribu kasus. Potensi penambahan bisa mencapai 100-150 ribu/hari.

Kondisi ini tentu mendorong para tenaga kesehatan kembali harus berjuang ekstra setiap hari karena jumlah pasien yang kembali meningkat tajam. Oleh karena itu, para tenaga kesehatan membutuhkan kembali tempat beristirahat yang terpisah dari keluarga untuk sementara waktu, tempat dimana mereka dapat beristirahat dengan aman dan nyaman sebelum melanjutkan tugas merawat pasien Covid.

Salah seorang perawat pasien Covid di RSPI Sulianti Saroso, Ilham Wiguna mengungkapkan, jika hal buruk terjadi, biar dia yang positif, asal keluaganya tidak ikut tertular. Dia memilih tidak pulang ke rumah untuk meminimalisir penularan.

Menurut Dr. Dyani Kusumowardhani, Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSPI Sulianti Saroso, bekerja merawat pasien Covid-19 membutuhkan kecermatan dan energi ekstra. Kelelahan pasti juga lebih terasa, sehingga fasilitas tempat singgah bagi nakes sangat diperlukan.

Habitat for Humanity Indonesia sejak tahun 2020 telah menginisiasi program Tempat Singgah Pejuang Medis. Habitat telah membantu lebih dari 2000 tenaga kesehatan dari 12 RS di Jakarta, Tangerang, dan Surabaya. Tahun ini, Habitat kembali mengajak masyarakat berdonasi, mendukung penyediaan tempat singgah bagi tenaga kesehatan yang sedang berjuang di garis depan.

Dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual 23 Februari 2022, Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia menyampaikan, bahwa sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dan tenaga kesehatan dalam menekan laju penyebaran Covid-19, Habitat melaksanakan kembali program Tempat Singgah Pejuang Medis (disingkat TSPM) untuk menyediakan tempat istirahat sementara (hotel) untuk Pejuang Medis. Kami mengharapkan dukungan masyarakat terhadap program TSPM gelombang ketiga ini.”

Senada dengan Susanto, Sekretaris Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr. Azhar Jaya yang juga hadir dalam konferensi pers itu menyatakan, bawa kesehatan dan keselamatan tenaga kesehatan menjadi prioritas utama. Transit di rumah singgah merupakan bentuk kesadaran melindungi diri, keluarga, dan masyarakat sehingga kita dapat memberikan rasa aman dan selamat dari terpaparnya virus Covid-19.

Dukungan penyediaan tempat singgah bagi tenaga kesehatan di tahun ke-3 ini juga datang dari salah satu brand teknologi komunikasi ternama di Indonesia yaitu PT World Innovative Telecommunication dengan produknya ponsel pintar OPPO.

Patrick Owen, Chief Creative Officer PT World Innovative Telecommunication (OPPO Indonesia) mengungkapkan, bahwa OPPO merasa bangga bisa bekerja sama kembali dengan Yayasan Habitat Indonesia dalam menyediakan tempat singgah bagi para pejuang medis. Para pejuang medis saat ini merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 yang perlu juga diperhatikan kesejahteraan dan kesehatannya.

Angel Pieters selaku Brand Ambassador OPPO Indonesia mengungkapkan dukungan untuk program Tempat Singgah Pejuang Medis, "Tentunya sebagai bagian dari keluarga OPPO saya merasa bangga dan tentunya mendukung program yang dilakukan oleh OPPO Indonesia dan Yayasan Habitat Indonesia. Selain itu, sebagai brand yang human centric, OPPO selalu berusaha untuk memberikan inovasi bagi para penggunanya."

Masyarakat yang ingin memberi dukungan dapat mengunjungi dukunghabitat.org, pada laman tersebut masyarakat akan menemukan cara yang mudah untuk berdonasi. Program ini akan dilakukan mulai minggu ke-3 Februari hingga akhir Maret 2022. Program secara dinamis akan dilanjutkan berdasarkan perkembangan kondisi dan kebutuhan yang terjadi.

Baca juga: Gandeng Gunung Capital, Habitat Indonesia Bangun Posyandu di Wringinanom Gresik

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Berliku Warga Ibu Kota Dapatkan Udara Bersih