Vaksinasi Gotong Royong Gratis? Begini Penjelasan Kemenkes

"Seluruh penerima vaksin gotong royong tidak akan dipungut biaya apapun atau dalam hal ini tidak perlu ada pembayaran dan diberikan secara gratis oleh perusahaan yang melakukan vaksinasi"

BERITA | NASIONAL | RAGAM

Minggu, 28 Feb 2021 01:00 WIB

Author

Heru Haetami

Vaksinasi Gotong Royong  Gratis? Begini Penjelasan Kemenkes

Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 Sinovac ke seorang warga di kawasan Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (23/2). (Antara/Muhammad Adimaja)

KBR, Jakarta-      Pemerintah menyatakan pemberian vaksinasi gotong royong diberikan secara gratis oleh perusahan kepada karyawan dan keluarga. Hal itu disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi saat menjelaskan isi aturan dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, Jumat (26/2/2021).

Nadia menegaskan, pendanaan vaksinasi gotong royong dibebankan kepada perusahaan yang mengikuti program vaksinasi mandiri ini.

"Yang dimaksud vaksinasi gotong royong adalah pelaksanaan vaksinasi kepada karyawan, karyawati atau buruh dan keluarganya yang  pendanaannya ini ditanggung atau dibebankan pada perusahaan yang akan melaksanakan vaksinasi gotong royong. Seluruh penerima vaksin gotong-royong tidak akan dipungut biaya apapun atau dalam hal ini tidak perlu ada pembayaran dan diberikan secara gratis oleh perusahaan yang melakukan vaksinasi gotong royong," kata Nadia dalam siaran pers secara daring, Jumat (26/2/2021).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menambahkan  mekanismenya, perusahaan wajib melaporkan data peserta vaksinasi baik karyawan maupun keluarga karyawan kepada Kementerian Kesehatan.

Nadia memastikan pelaksanaan vaksinasi gotong royong tidak akan mengganggu jalannya vaksinasi gratis yang sedang digelar pemerintah.

"Seluruh warga negara berhak mendapatkan vaksin gratis yang disediakan oleh pemerintah," ujarnya.

Editor: Rony Sitanggang


Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ramai-ramai Mudik Dini

Ramadan (Masih) dalam Pandemi Covid-19

Kabar Baru Jam 8

Disability Right Fund (DRF) Mitra Disability People Organisation (DPO)