Vaksinasi Covid-19, Jokowi Ingatkan Negara-negara Tentang Kesetaraan Akses

"Indonesia termasuk salah satu negara yang beruntung. Kita ini beruntung. Dari awal pandemi kita sudah bergerak mengamankan akses dan komitmen pasokan vaksin untuk negara kita Indonesia,”

BERITA | NASIONAL | RAGAM

Selasa, 23 Feb 2021 17:00 WIB

Author

Dwi Reinjani

Vaksinasi Covid-19, Jokowi Ingatkan Negara-negara Tentang Kesetaraan Akses

Presiden Joko Widodo sambutan acara International Conference on Tackling the Covid-19 Pandemic, Selasa (23/02). (Setpres)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengingatkan, negara-negara di dunia yang saat ini tengah berebut vaksin covid-19, untuk tetap menjunjung asas kesetaraan akses. Dalam sambutannya secara virtual, di International Conference on Tackling the Covid-19 Pandemic, Jokowi mengatakan, jika akses terhadap vaksin sulit didapatkan beberapa negara, maka pandemi tidak akan segera selesai.

“Vaksin menimbulkan harapan baru bagi kita semuanya. Negara-negara di dunia berpacu untuk mengamankan vaksin bagi kebutuhan rakyatnya, namun jangan pernah lupa bahwa kita harus terus mendorong agar kesetaraan akses terhadap vaksin bagi semua dapat terus kita dorong. Indonesia termasuk salah satu negara yang beruntung. Kita ini beruntung. Dari awal pandemi kita sudah bergerak mengamankan akses dan komitmen pasokan vaksin untuk negara kita Indonesia,” ujar Jokowi dalam sambutannya dalam acara yang digagas Ikatan Alumni Universitas Padjajaran, Selasa (23/02/2021).

Jokowi menegaskan tanpa adanya kerja sama antar negara dalam menangani pandemi, salah satunya terkait akses vaksinasi, maka pandemi tidak akan selesai. Penyebabnya, mobilitas masyarakat dari negara satu ke negara lainnya akan terus terjadi.

“Kita semua tahu bahwa virus ini tidak mengenal batas antarnegara. Dunia tidak bisa sepenuhnya bebas dari virus ini jika masih ada satu negara saja yang belum bebas darinya. Oleh karena itu, yang paling penting agar kita dapat menangani pandemi ini adalah kerja sama, kerja sama, dan kerja sama.” Ujar Jokowi.


Editor: Rony Sitanggang


Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10