Vaksin Gotong Royong, Erick Upayakan 3,5 Juta Dosis Tersedia Bulan Depan

"Jangan disalah artikan, vaksin gotong royong adalah gratis juga. Tetapi kita memberi kesempatan kepada pihak swasta yang ingin mengadakan dan membagikan secara gratis kepada para pekerjanya"

BERITA | NASIONAL | RAGAM

Selasa, 23 Feb 2021 13:15 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Vaksin Gotong Royong, Erick Upayakan 3,5 Juta Dosis Tersedia Bulan Depan

Vaksin covid-19 buatan Sinovac, Cina. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta-  Pemerintah tengah mengupayakan pemenuhan 20 juta dosis untuk program vaksinasi gotong royong. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pengadaan vaksinasi gotong royong akan dibantu oleh pihak swasta.

Kata Erick, 20 juta ampul vaksin gotong royong itu akan diberikan kepada 10 juta orang. Ia menegaskan, vaksin itu diberikan secara gratis.

"Tentu jangan disalah artikan, vaksin gotong royong adalah gratis juga. Tetapi kita memberi kesempatan kepada pihak swasta yang ingin mengadakan dan membagikan secara gratis kepada para pekerjanya yang selama ini telah bekerja dan tentu loyalitas kepada perusahaan tersebut," kata Erick dalam sebuah webinar, Selasa (23/2/2021).

Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan, vaksinasi gotong royong ini dilaksanakan untuk melengkapi target kekebalan kelompok yakni 180-an juta masyarakat Indonesia, atau 70 persen dari populasi. Rinciannya: 340-an juta dosis untuk 170 juta orang dari vaksinasi massal pemerintah dan 20 juta dosis untuk 10 juta orang melalui vaksinasi gotong royong.

Untuk tahap awal, Erick mengupayakan agar 3,5 juta dosis vaksin gotong royong bisa tersedia pada Maret mendatang.

"Jadi kalau ini dikombinasikan, angkanya kurang lebih di 360 juta, yaitu 70 persen dari penduduk Indonesia. Tentu targetnya, yang seperti sudah disampaikan Menteri Kesehatan, adalah kita akan upayakan Februari tahun depan angka 70 persen ini tercapai," targetnya.

Editor: Rony Sitanggang


Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10