Pandemi, Kemenkes Mulai Siapkan Vaksinasi Covid-19 Tahap Tiga

"Untuk 63,9 juta untuk masyarakat rentan,"

BERITA | NASIONAL | RAGAM

Kamis, 18 Feb 2021 08:14 WIB

Author

Valda Kustarini

Pandemi, Kemenkes Mulai Siapkan Vaksinasi Covid-19 Tahap Tiga

Vaksinasi COVID-19 Sinovac dosis kedua untuk nakes di Gedung Sabuga, ITB, Bandung, Jabar, Rabu (17/2). (Antara/Agung Rajasa)

KBR, Jakarta-    Pemerintah menargetkan sekitar 63,9 juta orang disuntik pada vaksinasi tahap tiga.  Pelaksana Tugas Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu mengatakan vaksinasi yang digelar Juni ini akan menyasar masyarakat rentan.

"Bahwa yang jadi sasaran berikut adalah masyarakat yang rentan menurut geospasial, geospasial itu kan di daerah-daerah mana yang sangat rentan yang infeksinya sangat banyak itu yang didahulukan untuk tahap tiga ya. Untuk 63,9 juta untuk masyarakat rentan," kata Maxi Rein Rondonuwu dalam acara virtual, Rabu (17/2/2021).

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu menyebut kelompok masyarakat lainnya sebanyak 77,7 juta orang akan masuk vaksinasi tahap empat. Rencananya vaksinasi tahap tiga dan empat akan berlangsung mulai Juni 2021 hingga Maret 2022.

Sebelumnya pemerintah menargetkan petugas kesehatan, pelayan publik, dan lansia masuk dalam tahap satu dan dua penerima vaksin Covid-19. Maxi mengklaim, 75 persen dari 1,46 juta orang nakes sudah mendapatkan vaksin. Saat ini pemerintah juga berfokus memvaksinasi petugas publik dan lansia yang berjumlah sekitar 38an juta orang.

Sebelumnya Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ada empat skema yang akan dilakukan pemerintah dalam melakukan vaksinasi massal, salah satunya metode jemput bola. 

Budi mengatakan skema-skema itu dilakukan sebagai upaya percepatan vaksinasi bagi masyarakat.

“Empat tipe-tipe pertama kita datang ke faskes, tipe yang kedua kita datangi  ke kantor-kantor atau tempat mereka bekerja. Kayak TNI-Polri kita kasih saja ke mereka, kan mereka bisa suntik sendiri. Model ketiga seperti ini, kita datang ke tempat keramaian. Model keempat kita bikin satu tempat penyuntikkan massal dan orang datang ke sana,” ujar Budi Gunadi saat memantau vaksinasi massal pedagang Pasar Tanah Abang, Jakarta, Rabu (17/02/2021).

Editor: Rony Sitanggang

Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10