Kerjasama KBR dengan SATGAS COVID-19

Jadi Representasi Pentahelix, Posko Covid-19 Diharapkan Kendalikan Kasus dengan Efektif

Satgas Covid-19 telah melakukan pelatihan kepada personil TNI/Polri, selanjutnya peserta pelatihan tersebut wajib mengajarkan kepada personil posko lainnya diluar unsur TNI/Polri.

RAGAM

Sabtu, 27 Feb 2021 20:08 WIB

Author

Paul M Nuh

Jadi Representasi Pentahelix, Posko Covid-19 Diharapkan Kendalikan Kasus  dengan Efektif

Ilustrasi. Posko Percontohan Desa Tangguh Dewata, Desa Sumerta Kelod, Denpasar, Bali, Sabtu (20/2/2021). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.

JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut per 25 Februari 2021, satgas sudah menerima laporan pembentukan posko mencapai 20.816 laporan pembentukan posko. Laporan lain yang diterima, sebanyak 61.069 laporan pencatatan data agregat kasus Covid-19 level RT dan 1.013.863 laporan pendataan kinerja posko.

"Satgas Covid-19 telah membuat surat edaran serta standar operasional prosedur (SOP) pembentukan posko dengan tujuan sebagai pedoman teknis implementasi posko di lapangan. Ke depannya, dengan dibuatkan dua pagu ini, diharapkan dapat menjawab kebingunan di lapangan dan menjadikan implementasi yang lebih terarah," jelasnya memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (25/2/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Saat ini telah tersedia manual book serta video instruksi untuk mengarahkan petugas posko dalam menggunakan fitur pelaporan posko daerah di mobile apps (aplikasi), yang bisa dioperasikan di handphone android.

Berdasarkan laporan evaluasi kinerja posko periode 11 - 22 Februari 2021, aktivitas paling banyak dilakukan saat ini adalah edukasi dan sosialisasi 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, yang berjumlah 434.382 laporan atau 56,7 persen. Diikuti program pembagian masker dengan 143.688 laporan atau 18,73 persen, dan penegakan disiplin dengan 73.888 atau 9,61 persen.

Satgas Covid-19 telah melakukan pelatihan kepada personil TNI/Polri, selanjutnya peserta pelatihan tersebut wajib mengajarkan kepada personil posko lainnya diluar unsur TNI/Polri. Pelatihan 3T (testing, tracing dan treatment) sedang dilakukan secara berjenjang.

Posko sebagai representasi kolaborasi pentahelix di tingkat komunitas, diharapkan benar-benar menjalankan tugasnya, melakukan proses perencanaan, implementasi dan monitoring untuk dapat mengendalikan kasus Covid-19 dengan efektif.

Misi ini tidak akan tercapai tanpa peran serta masyarakat. Masyarakat bisa membantu mensukseskan pelaksanaan posko ini dengan menerapkan protokol kesehatan secara kolektif, memanfaatkan fasilitas yang disediakan secara bertanggungjawab dan transparan melaporkan kasus baik dalam keluarga inti maupun di lingkungan sekitarnya.

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun).

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ramai-ramai Mudik Dini

Ramadan (Masih) dalam Pandemi Covid-19

Kabar Baru Jam 8

Disability Right Fund (DRF) Mitra Disability People Organisation (DPO)