RAGAM

“Retrofitting Berbasis Masyarakat, Upaya Mitigasi Pengurangan Risiko Bencana”

"Habitat memiliki semangat memberikan edukasi dan mendorong masyarakat mengaplikasikan rumah aman, nyaman, dan mengikuti kaidah konstruksi yang berlaku"

Paul M Nuh

“Retrofitting Berbasis Masyarakat, Upaya Mitigasi Pengurangan Risiko Bencana”

Jakarta – Setidaknya dalam 2 tahun terakhir aktivitas gempa melompat secara signifikan, yakni rata-rata sekitar 11.920 kali di tahun 2018 (Sumber: Katalog BMKG, bmkg.go.id). Saat gempa terjadi, dampak utama yang terlihat adalah rusaknya rumah dan bangunan. Seperti gempa Sulawesi Barat yang terjadi baru-baru ini, setidaknya ada 90.000 lebih warga harus mengungsi lantaran rumah mereka hancur (Sumber: BNPB, 24 Januari 2021), hal ini terjadi karena pada umumnya rumah masyarakat belum memenuhi standar struktur bangunan aman bencana. Tidak jarang banyaknya rumah yang runtuh berakibat pada sempitnya jalur evakuasi sehingga peluang untuk menyelamatkan korban lebih sedikit.

Retrofitting menjadi salah satu solusi mitigasi mengurangi risiko bencana yang perlu dilakukan dengan memperkuat struktur dan bangunan rumah. Menyadari Retrofitting harus disosialisasikan dan diimplementasikan lebih nyata oleh masyarakat luas, Habitat for Humanity Indonesia bekerja sama dengan American Red Cross, Palang Merah Indonesia (PMI), Pokja BaNTu, dan Kementerian PUPR menggelar webinar bertajuk “Program Retrofitting Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Mitigasi Pengurangan Risiko Bencana Melalui Dukungan Bantuan Nontunai”.

Menurut Andreas Hapsoro, Strategic Alliance Director Habitat for Humanity Indonesia, Habitat selalu mengupayakan penyediaan rumah yang tidak hanya bersih dan nyaman tetapi juga aman terhadap bencana khususnya gempa. Habitat memiliki semangat memberikan edukasi dan mendorong masyarakat mengaplikasikan rumah aman, nyaman, dan mengikuti kaidah konstruksi yang berlaku. Dengan prinsip putting people at the center atau menempatkan pemilik rumah sebagai aktor utama, pendekatan berbasis masyarakat akan menjamin keberlanjutan dan dapat diduplikasi untuk memberikan pengaruh positif kepada lingkungannya sehingga ketika bencana datang kerusakan pada rumah yang dibangun bersama dengan masyarakat menjadi minimum.

Sementara Arwin Soelaksono, Consultant for Shelter Retrofitting and Earthquake Readiness American Red Cross memaparkan, bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia tinggal di daerah rawan gempa, namun kebanyakan rumahnya rentan bencana. Retrofitting atau penguatan rumah aman gempa yang perlu segera dilakukan. Pemerintah, swasta dan lembaga kemanusiaan perlu berkolaborasi untuk meningkatkan kemampuan masyarakat yang ada batasnya. Bila hal ini bisa dilakukan dengan konsisten maka dapat mengurangi risiko kerentanan dan menyelamatkan jiwa dari keruntuhan rumah dan bangunan akibat gempa.

Ir. Dian Irawati, MT, Direktur Bina Teknik Pemukiman dan Perumahan mengungkapkan dalam banyak kasus, kerusakan berat bangunan rumah umumnya terjadi karena tidak dipenuhinya standar-standar seperti pondasi, sistem struktur kolom, balok, dinding, struktur atap, maupun standar material yang digunakan. PUPR sendiri telah mengeluarkan pedoman teknik perkuatan untuk bangunan sederhana dengan memperhatikan prinsip-prinsip perkuatan yaitu efisiensi dan efektifitas yang terdiri dari kemudahan pelaksanaan oleh tukang yang tidak memerlukan keahlian khusus, kemudahan mendapatkan alat dan bahan agar biaya optimal, dan pelaksanaan yang benar-benar sesuai dengan target yang ingin dicapai. Masyarakat umum dapat melakukannya mulai dari perkuatan dengan dinding pengisi, dinding sayap, ikatan silang dan dengan sokongan. Untuk meningkatkan daktilitas (kemampuan menahan beban gempa), masyarakat dapat melakukannya dengan cara: membungkus dengan plat baja, besi strip dan plat baja, jaringan tulang, dan dengan sengkang yang rapat”.

Sebagai modalitas yang sangat aplikatif untuk menjawab kebutuhan semua sektor termasuk sektor perumahan khususnya dalam retrofitting, BaNTu menawarkan upaya membangun ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana dengan memaksimalkan perkembangan teknologi dalam mekanisme distribusi. Susilo Budhi Sulistyo, Tim Advokasi Pokja BaNTu memaparkan “Penggunaan BaNTu sebagai salah satu modalitas distribusi bantuan semakin berkembang pesat terutama sejak respons bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah tahun 2018. BaNTu mengedepankan penghargaan atas martabat karena control atau kendali memutuskan di tangan penerima manfaat. BaNTu juga memberikan multiplier dalam memberdayakan pasar lokal karena penerima manfaat akan mengakses pasar di dekat lokasi tempat tingalnya. BaNTu juga memangkas birokrasi dengan mengutamakan anti korupsi karena semua tercatat dan terlaporkan secara transparan dan akuntabel”.

  • adv
  • habitat for humanity
  • gempa sulawesi barat
  • bencana alam
  • PMI

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Bola1653 years ago

    Hallo Gamer Indonesia Bola165 Memberikan Bonus WD( WITHDRAW ) Hingga 10%, EDISI TERBATAS Buruan Daftar sekarang juga di Bola165, Cek promo bisa disini >>> biolinky.co/promobola165