NUSANTARA

UGM Ikut Kembangkan Semangat Kewirausahaan

"Pasar tenaga kerja Indonesia masih sangat potensial di tahun-tahun mendatang. Hal ini ditunjukkan melalui ketersediaan SDM terampil yang mencapai 104 juta orang. Sementara permintaan pasar tenaga kerja sudah mencapai 113 juta orang."

Radio Unisi FM

UGM Ikut Kembangkan Semangat Kewirausahaan
wirausaha, ugm

Pasar tenaga kerja Indonesia masih sangat potensial di tahun-tahun mendatang. Hal ini ditunjukkan melalui ketersediaan SDM terampil yang mencapai 104 juta orang. Sementara permintaan pasar tenaga kerja sudah mencapai 113 juta orang.

Namun sehubungan dengan adanya ASEAN Single Community tahun 2015, artinya peluang kerja tersebut tidak hanya diperebutkan oleh tenaga kerja lokal saja. Peluang kerja tersebut akan diperebutkan juga oleh tenaga kerja asing karena semakin bebasnya arus SDM terlatih dari luar negeri yang bisa bekerja di Indonesia.

Rektor Universitas Gajah Mada (UGM) Pratikno mengatakan, besarnya peluang kerja di pasar kerja saat ini adalah dampak dari naiknya pertumbuhan industri. Akan tetapi, Pratikno menekankan bahwa penting bagi tenaga kerja Indonesia untuk tidak hanya mengandalkan ijazah guna mencari lapangan kerja. Beliau menegaskan betapa pentingnya menumbuhkan jiwa yang berani menaklukan tantangan untuk menciptakan lapangan kerja dengan menjadi wirausaha.

Menurutnya, profil kewirausahaan Indonesia masih sangat lemah. Idealnya mencapai jumlah minimal 2 % dari angkatan kerja adalah wirausahaan. “Minimal 4,4 juta penduduk Indonesia menjadi pengusaha, namun saat ini baru memiliki 0,18 persen pengusaha atau sekitar 400.000 orang saja,” katanya.

Pratikno mencontohkan Amerika Serikat yang memiliki jumlah wirausahaan mencapai 11,5 persen dari total angkatan kerja. Bahkan di Singapura jumlah wirausahaan mencapai 7 persen. Ia menerangkan, UGM saat ini berupaya untuk mengembangkan semangat dan keterampilan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Beberapa diantaranya adalah adanya program Mahasiswa Wirausaha yang bekerja sama dengan perbankan dan perusahaan. Program kreativitas mahasiswa dan pembekalan kewirausahaan ini bekerjasama dengan alumnus UGM yang sukses menjadi wirausaha.

Sumber: radio Unisi Yogyakarta

  • wirausaha
  • ugm

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!