RAGAM

F1 H20 Toba 2023 : Tingkatkan Pariwisata dan Ekonomi UMKM Indonesia

"Penyelenggaraan F1 H20 Toba 2023, selain menjadi agenda balap dunia lebih penting lagi adalah mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas."

Iqbal Rizqy Ramadhan

F1 H20 Toba 2023 : Tingkatkan Pariwisata dan Ekonomi UMKM Indonesia
Konferensi Pers Kominfo Tentang F1 Powerboat World Championship atau F1 H20 Toba 2023 pada Selasa, 24 Januari 2023.

KBR, Jakarta – Ajang balap super cepat di atas air yaitu F1 Powerboat World Championship atau F1 H20 Toba 2023 diyakini akan mendongkrak sektor pariwisata Indonesia di mata dunia. Selain itu, F1 H20 Toba 2023 juga akan menggairahkan pertumbuhan ekonomi khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyampaikan, 2023 akan menjadi tahun dengan banyak kegiatan olahraga, salah satunya menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U20. Kegiatan-kegiatan tersebut menunjukkan kepercayaan dunia terhadap Indonesia dalam menyelenggaraan kegiatan bertaraf internasional. Pada kesempatan tersebut Menpora secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang turut masif membantu sosialisasi F1 H2O Toba 2023.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen IKP Kominfo), Usman Kansong memastikan jika fasilitas komunikasi khususnya jaringan internet saat gelaran F1 H20 Toba 2023 setara dengan fasilitas yang disiapkan pada MotoGP Mandalika 2022 lalu.

Kementerian Kominfo akan memiliki dua tugas utama, yakni memastikan kesiapan infrastruktur telekomunikasi dan melaksanakan komunikasi publiknya. Penyediaan infrastruktur komunikasi akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI). Sementara terkait komunikasi publik, akan dilakukan oleh Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik. Dalam komunikasi publik, lanjut Dirjen Usman, Kementerian Kominfo bertugas mengomunikasikan kepada masyarakat secara luas tentang penyelenggaraan F1 H2O.

Dalam mendukung kegiatan ini, Kementerian Kominfo akan menyiapkan fasilitas peliputan awak media, mulai dari registrasi, media center dan sejumlah fasilitas lainnya. Penyelenggaraan F1 H20 Toba 2023, selain menjadi agenda balap dunia lebih penting lagi adalah mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas. Mendukung yang disampaikan Menpora, Usman pun menegaskan jika penyelenggaraan akan turut kembali mendorong bangkitnya UMKM, khususnya yang ada di sekitar Danau Toba.

Pemerintah menargetkan 1,3 juta perjalanan akan menuju ke Danau Toba, nasional maupun internasional. Danau Toba Sumatera Utara pada ajang F1 H20 Toba 2023 diyakini akan menjadi tujuan kunjungan jutaan wisatawan.

Baca juga: Kunjungan Wisatawan Mancanegara Melampaui Target, Devisa Naik - kbr.id

  • advertorial
  • toba
  • Pariwisata
  • speedboat
  • powerboat
  • F1

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!