Bagikan:

ADVERTORIAL

Sirkuit Mandalika terus Berbenah demi Suksesnya MotoGP Mandalika 2022

Antusiasme diperkirakan melebihi World Superbike (WSBK) tahun 2021 lalu, oleh karena itu, banyak hal yang harus dipersiapkan.

RAGAM

Senin, 24 Jan 2022 15:25 WIB

Sirkuit Mandalika terus Berbenah demi Suksesnya MotoGP Mandalika 2022

Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika 2022 Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto dalam Forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022.

KBR, Jakarta – Antusiasme masyarakat dalam menonton MotoGP Mandalika 2022 terbilang sangat tinggi, terlihat dari tiket yang dijual pada tanggal 6 Januari 2022 langsung habis, khususnya tiket VIP. Terkait hal itu, Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika 2022 Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto berencana menambah tiket.

“Oleh sebab itu, kita berencana menambah tiket yang tadinya sudah disiapkan 63.000 menjadi 100.000 tiket. Itu pun masih 50% dari slot yang tersedia di Mandalika, karna totalnya kalau penuh adalah 195.700 kursi yang bisa diduduki oleh penonton di sirkuit Mandalika,” Ujar Hadi dalam Forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022 yang berlangsung secara daring, pada Jumat (21/01/2022).

Hadi sudah memperkirakan jumlah penonton akan lebih banyak dari penyelenggaraan World Superbike (WSBK) yang telah dilakukan tahun 2021 lalu. Oleh karna itu, banyak hal yang harus dipersiapkan mulai dari keamanan dan kenyamanan penonton, kendaraan angkutan untuk penonton, akomodasi, dan protokol kesehatan.

Beberapa sarana dan prasarana yang jadi perhatian antara lain penataan kawasan UMKM dan peletakan CCTV di dalam kawasan sirkuit Mandalika.

Armada transportasi darat sudah dipersiapkan sebanyak 278 bus yang tersebar di 5 pintu masuk yang akan mengangkut calon penonton menuju Sirkuit Mandalika, yaitu; Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, dan pintu Bandara Udara Internasional Lombok.

Sementara itu, untuk transportasi laut sudah direncanakan angkutan dari Jawa, Bali dan NTB. Nantinya juga akan ada beberapa rute baru yang akan dicoba menuju ke Sirkuit Mandalika.

Untuk angkutan udara, penerbangan dari tanggal 18 - 20 Maret 2022 khususnya penerbangan reguler sudah full booking dengan jumlah penerbangan untuk penumpang sebanyak 4.300, yang setiap harinya akan berangkat dari Jakarta, Surabaya dan Bali. Selain itu, akan ditambahkan juga commuter flight sebagai tambahan mengangkut penumpang.

“Kemudian, kita berencana untuk menambah commuter flight yang apabila kita asumsikan penumpang itu dari Jakarta, Surabaya, dan Bali. Kita bisa mengangkut 17.377 dalam satu hari,” ujar Hadi.

Pada H-15 sebelum pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022, akan dilakukan simulasi manajemen rekayasa lalu lintas terlebih dahulu mulai dari jalur darat, jalur laut maupun jalur udara, serta melihat alur masuk ke sirkuit Mandalika agar tidak terjadi crowded.

Untuk akomodasi, hingga saat ini juga telah disiapkan 16.000 kamar hotel yang ada di Lombok. Selain itu, sudah dipersiapkan juga sebanyak 398 Sarana Hunian Pariwisata untuk kebutuhan akomodasi para penonton nantinya. Persiapan akomodasi tersebut juga masih akan ditingkatkan dengan bekerja sama dengan berbagai pihak.

Dari sisi protokal kesehatan, selama kegiatan berlangsung semua partisipan diwajibkan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi sebagai upaya antisipasi untuk menunjukan sertifikat vaksinasi dan hasil antigen secara berkala. Demi menunjang program vaksinasi pemerintah, di Lombok Tengah akan disediakan vaksin keliling sejak tanggal 11 Januari hingga 22 Januari 2022 bagi para pelaku parekraf dan masyarakat umum, serta anak - anak usia 6 - 11 tahun.

Infrastruktur telekomunikasi juga sudah ditingkatkan. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan selain menyediakan jaringan 4G, sudah disiapkan jaringan 5G experience. Hal tersebut dilakukan sebagai dukungan dari sektor infrastruktur telekomunikasi dalam membantu menyukseskan acara MotoGP Mandalika 2022.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate Dalam Forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate Dalam Forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022.

“Pasti saat ini 4G menjadi tulang punggung komunikasinya, tetapi kita juga menyiapkan untuk 5G experience. Dan 5G experience ini disamping Telkomsel, ada XL dan Indosat Ooredoo yang sudah siap,” ujarnya dalam Forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022 yang berlangsung secara daring, pada Jumat (21/01/2022).

baca juga: 

- Jelang MotoGP, Pemerintah Gaspol Pemenuhan Kekurangan Kamar

- Jokowi Ingin MotoGP Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Editor: Paul M Nuh

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Bokek Bikin Stres?

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8