NUSANTARA

Vaksinasi Covid-19 Tenaga Kesehatan, Gubernur Ganjar Targetkan Bulan Depan Selesai

Vaksinasi Covid-19 Tenaga Kesehatan,  Gubernur Ganjar Targetkan Bulan Depan Selesai

KBR, Solo-   Pemerintah provinsi Jawa Tengah akan mempercepat proses vaksinasi tenaga kesehatan. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan sistem pendataan dan pendaftaran vaksinasi tenaga medis akan dibenahi. 

Menurut Ganjar, bulan depan target vaksinasi tenaga kesehatan di Jawa Tengah bisa selesai dilakukan.

"Praktiknya sistem pendataan dan pendaftaran vaksinasi nakes ternyata mereka tidak bisa sesuai jadwal. Contohnya hari ini terjadi di sini, jadwal ada 15 nakes divaksin tapi hanya delapan  yang datang divaksin. Kan sayang sekali, kita dorong mudah-mudahan dalam waktu 3-4 hari bisa dipercepat. Kita minta data secara manual saja kemudian kita input, buka sesuai jadwal di sistem. Dengan begitu, proses vaksinasi kita lakukan percepatan. Kalau sistem terbuka, kita bisa longgarkan dan genjot lebih cepat," ujar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat meninjau vaksinasi covid-19 di Puskemas Manahan, Solo, Selasa (19/01).

Lebih lanjut Ganjar mengungkapkan tidak ada sanksi bagi tenaga kesehatan yang tidak memenuhi syarat untuk divaksinasi.

Ganjar memantau langsung vaksinasi tenaga medis di Puskesmas Manahan Solo.  Gubernur Jawa tengah juga memantau vaksinasi tenaga medis di rumah sakit lainnya di sejumlah daerah di Jawa tengah.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Solo, Siti wahyuningsih mengatakan hingga hari ke 4 tahap pertama vaksinasi sudah ada seribuan tenaga kesehatan dan tenaga pendukung fasilitas kesehatan yang sudah divaksin.

Kata dia, 80an di antaranya tertunda karena tensi darah belum memenuhi persyaratan.

"Data saya itu kan sekitar 12 ribuan, yang sudah didaftar divaksin sampai hari ke 4 kemarin 1900an. Itu sekitar 16 persen dari total tenaga kesehatan di Solo. Ini baru 4 hari, ya sudah lumayan progresnya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Solo, Siti wahyuningsih, Selasa (19/01). 

Lebih lanjut Wahyuningsih menjelaskan, vaksinasi tenaga kesehatan dan tenaga pendukung dilakukan di 33 fasilitas kesehatan. Jumlah itu meliputi 17 puskesmas, 14 rumah sakit dan 1 klinik bhayangkara milik Polri di Solo.

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

 

  • #jagajarak
  • #IngatPesanIbu
  • #Takkenalmakatakkebal
  • #jagajarakhindarikerumunan
  • #cucitanganpakaisabun
  • #vaksinasicovid-19
  • #KBRLawanCovid
  • #pakaimasker
  • #cucitangan
  • COVID-19
  • #satgascovid19

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!