Vaksinasi Covid-19, Satgas: Sudah Lebih 146 Ribu Nakes

"Karena itu saya sangat mendorong enam platform yang saat ini dikembangkan,”

BERITA | NASIONAL | RAGAM

Minggu, 24 Jan 2021 22:58 WIB

Author

Heru Haetami

Vaksinasi Covid-19, Satgas: Sudah Lebih 146 Ribu Nakes

Vaksinasi covid-19 nakes di Medan, Sumuat. (Foto: Antara)

KBR, JakartaKementerian Kesehatan menyebutkan sebanyak 146.587 tenaga kesehatan di 92 kabupaten-kota pada 34 provinsi telah divaksinasi. Juru bicara pemerintah untuk vaksinasi covid-19 Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan, dari total 174.718 tenaga kesehatan yang telah terdaftar dalam vaksinasi covid-19, sebanyak 28 ribu tenaga kesehatan batal atau ditunda vaksinasinya.


Alasannya antara lain tekanan darah tinggi dan memiliki penyakit komorbid penyerta.

"Saat ini sudah ada sebenarnya 174 ribu petugas kesehatan yang mengakses layanan vaksinasi tapi hanya 146 ribu yang bisa diberikan vaksin. Karena tadi ada yang ditunda pertama karena hipertensi dan yang kedua adalah yang memang tidak bisa diberikan sama sekali karena kondisi komorbidnya," kata Siti Nadia dalam diskusi daring, Minggu (24/1/2021).

Juru bicara pemerintah untuk vaksinasi covid-19 Siti Nadia Tarmizi menyebutkan daerah yang cepat dalam pelaksanaan vaksinasi ini yakni provinsi Banten, Jawa Tengah dan Bali.

Nadia mengatakan saat ini alur vaksinasi untuk tenaga kesehatan tidak lagi melalui pesan SMS dan tidak perlu registrasi ulang. Setiap tenaga kesehatan yang telah terdaftar dalam sistem informasi SDM kesehatan (SISDMK) Kementerian Kesehatan berhak mendapatkan vaksinasi covid-19.

Nantinya, tenaga kesehatan bisa langsung mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan yang telah ditunjuk untuk menjalankan program vaksinasi covid-19.

"Kita meminta bahwa dinas kesehatan kabupaten kota untuk mengatur sebenarnya jadwal serta jumlah vaksin serta ketersediaan logistik lainnya. Dengan berkoordinasi dengan institusi yang sudah ditunjuk untuk memberikan vaksinasi," katanya.

Editor: Rony Sitanggang

Redaksi KBR juga mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10