Kerjasama KBR dengan SATGAS COVID-19

Satgas Sarankan Daerah Bentuk Posko Tangani Krisis Pandemi dan Bencana

diharapkan dalam posko ini adanya keterlibatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dinas kesehatan, Sat Pol PP, TNI, Polri, Kominfo, badan intelijen daerah dan relawan lainnya.

RAGAM

Minggu, 24 Jan 2021 20:58 WIB

Author

Paul M Nuh

Satgas Sarankan Daerah Bentuk Posko Tangani Krisis Pandemi dan Bencana

Ilustrasi. Antisipasi penularan Covid-19 di Posko Operasi SAR Sriwijaya Air (17/01/21). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.

JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menyarankan pemerintah daerah untuk mengalokasikan dana membuat posko-posko daerah dalam masa bencana dan krisis pandemi. Posko dapat dibuat mulai dari tingkat provinsi hingga ke tingkat kelurahan.

"Apabila memungkinkan, dibuat juga tingkat RT dan RW," jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito saat memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Gedung BNPB, Kamis (21/1/2021) yang juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Satgas Covid-19 yakin penanggulangan pandemi Covid-19 dan bencana alam dapat dilakukan secara efektif dan efisien dengan adanya posko ini, karena diharapkan dalam posko ini adanya keterlibatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dinas kesehatan, Sat Pol PP, TNI, Polri, Kominfo, badan intelijen daerah dan relawan lainnya.

Terkait pandemi, posko dapat melakukan pemantauan dan apabila menemukan kejadian yang berpeluang terjadinya penularan, bisa membantu pemerintah daerah melakukan langkah-langkah pencegahan. Lalu dalam hal kebencanaan, posko dapat menjadi pusat pengumpulan dan penyaluran bantuan.

"Selain itu, apabila di tengah keadaan darurat masyarakat memiliki kebutuhan tertentu, diharapkan mengunjungi posko yang ada. Bagi rekan-rekan media massa yang membutuhkan data dilapangan, juga diharapkan mengunjungi posko-posko di daerahnya," lanjut Wiku.

Dengan adanya posko-posko ini di tiap daerah mencerminkan usaha pemerintah daerah dan setiap lapisan masyarakat, mencerminkan upaya bahu membahu dalam menghadapi bencana. Dan menjaid cerminan ketangguhan bangsa.

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun).

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10