Percepat Vaksinasi Covid-19 Nakes, Dinkes Solo Pakai E-ticket

"Nakes yang belum divaksin, bawa KTP bersangkutan, kita cek di database Nakes dan muncul e-tiket langsung kita minta untuk divaksin."

NUSANTARA | RAGAM

Kamis, 28 Jan 2021 08:55 WIB

Author

Yudha Satriawan

Percepat Vaksinasi Covid-19 Nakes, Dinkes Solo Pakai E-ticket

Loket pendaftaran vaksinasi covid-19 untuk tenaga kesehatan di Puskesmas Manahan Solo, Selasa (19/01). (KBR/Yudha S.)

KBR, Solo-  Pemerintah mengubah model SMS blast informasi vaksinasi untuk tenaga kesehatan. Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan selama ini respon tenaga kesehatan dengan adanya SMS blast pemerintah masih kurang cepat. 

Siti mengatakan, SMS blast diganti dengan model tiket elektronik vaksinasi tenaga kesehatan.

"Dulu kan pakai SMS blast ke nakes, ternyata lama responnya. Menkes minta percepatan sehingga tidak ada lagi SMS blast, data nakes dikirim ke kami nanti ada e-ticket, identitas nakes dan akses vaksinasi. Kalau sudah dapat e-ticket nakes bisa disuntik vaksin. Kalau belum ada e-ticket, kami tidak berani menyuntik. Kalau nakes itu ada di data kami, tapi dia sudah punya e-ticket ya langsung divaksin. Nakes yang belum divaksin, bawa KTP bersangkutan, kita cek di database Nakes dan muncul e-tiket langsung kita minta untuk divaksin. Kami menunggu nggak bisa, segala cara kita tempuh supaya segera divaksin." Ujar Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Solo, Siti Wahyuningsih, Kamis (28/01).

Lebih lanjut Siti mengungkapkan prosentase vaksinasi tenaga kesehatan di Solo diatas 76 persen dari total 12 ribu nakes yang ada. Siti menegaskan akan terus menggenjot partisipasi tenaga kesehatan untuk divaksin.

Dari 9.491 nakes yang sudah terdata, sebanyak 8.403 nakes sudah datang ke fasilitas layanan kesehatan.

Sekitar 7.213 nakes sudah disuntik vaksin, 465 nakes ditunda, dan sisanya batal divaksin karena berbagai faktor.

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Izin Keruk Harta Karun RI

Kabar Baru Jam 7

Vaksin COVID-19: Kenali Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)

Kabar Baru Jam 8