Pandemi, 9 Provinsi Keterisian RS-nya Lebih 70 Persen, Banten Paling Tinggi

"Banten ini memang agak fluktuatif. Sempat memang tinggi di Oktober, kemudian Desember agak turun, kemudian mulai naik lagi di akhir Desember,"

NASIONAL | RAGAM

Kamis, 21 Jan 2021 00:51 WIB

Author

Sadida Hafsyah

Pandemi, 9 Provinsi Keterisian RS-nya Lebih 70 Persen, Banten Paling Tinggi

Ilustrasi: Pemakaman pasien covid-19 di TPU Pondok Rangon, Jakarta. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta-    Satgas Covid-19 mengungkapkan sebanyak sembilan  provinsi tingkat keterisian tempat tidur Rumah Sakit (RS) Rujukan di atas 70 persen. Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengatakan mayoritasnya Rumah Sakit tersebut berada di pulau Jawa.

Data yang dimaksud dihimpun dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan per Selasa (19/01).

"Di sini kita coba lihat berapa sih angka keterpakaian tempat tidur di RS rujukan di 34 provinsi. Standarnya adalah kita ingin di bawah 70 persen. Karena nanti kenaikan yang signifikan dapat berimbas tinggi lah. Di sini ternyata yang di atas 70 persen ada sembilan provinsi. Dan menariknya, enam  dari sembilan provinsi tersebut berada di pulau Jawa. Yang harus diingat, Banten peringkat pertama nih saat ini. Per kemarin peringkat pertama dengan keterisiannya 87 persen. Jadi kita tetap harus hati-hati," jelas Dewi dalam konferensi pers, Rabu (20/01/21)

Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Covid-19, Dewi Nur Aisyah mengatakan provinsi Banten mengalami peningkatan keterisian tempat tidur RS Rujukan sejak akhir Desember 2020, yakni meningkat bahkan lebih dari 80 persen.

"Nah kalau di Banten ini memang agak fluktuatif. Sempat memang tinggi di Oktober, kemudian Desember agak turun, kemudian mulai naik lagi di akhir Desember," ungkapnya.

Angka ini lebih tinggi dibandingkan provinsi DKI Jakarta. Hingga Selasa,  RS Rujukan Banten terisi 87,42 persen, sedangkan DKI Jakarta 86,7 persen.

Selain Banten dan DKI Jakarta, provinsi lain dengan keterisian tempat tidur pada RS Rujukan di atas 70 persen, adalah Yogyakarta 83,07 persen, Jawa Barat 77,89 persen, Sulawesi Tengah 74,93 persen, Jawa Timur 73,50 persen, Kalimantan Timur 72,70 persen, Jawa Tengah 72,10 persen, dan Lampung 70,29 persen.

Pada kesempatan yang sama, Dewi menyampaikan data Kemenkes merangkum bahwa pada pekan ketiga Januari 2021, jumlahnya semakin naik dengan tambahan 22.609. 

"Angka tersebut merupakan yang tertinggi sejak awal pandemi." Ujar dia.

Hingga Rabu (20/01) terjadi  penambahan 12.568 kasus baru Covid-19. Jika ditotal, jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 di Indonesia mencapai 939.948 orang, sejak diumumkannya kasus perdana Covid-19 pada 2 Maret 2020.


 Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10