Kerjasama KBR dengan SATGAS COVID-19

Kekebalan Komunitas, Target Pemerintah Lindungi Warganya melalui Program Vaksinasi

Dalam proses uji klinis tahap 3 dan vaksinasi pemerintah melibatkan para pakar. Pemerintah juga bersipak transparan dan terus menginformasikan kepada masyarakat tentang perkembangan uji klinis vaksin

RAGAM

Sabtu, 16 Jan 2021 21:59 WIB

Author

Paul M Nuh

Kekebalan Komunitas, Target Pemerintah Lindungi Warganya melalui Program Vaksinasi

Vaksinasi perdana di Rumah Sakit Abdoel Moeleok Provinsi Lampung, Lampung, Kamis (14/1/2021). ANTARA FOTO/Ardiansyah/wsj.

JAKARTA - Banyak masyarakat dunia yang mempertanyakan keampuhan vaksinasi di Indonesia, karena vaksin Sinovac yang digunakan memiliki efikasi 63,5 persen. Lebih kecil jika disbandingkan vaksin sejenis yang digunakan di negara lain.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan kepada masyarakat dunia bahwa vaksin adalah upaya negara dalam melindungi masyarakatnya dari ancaman pandemi Covid-19 dan demi tercapainya kekebalan komunitas atau herd immunity. Vaksin yang sedang disuntikkan dalam program vaksinasi saat ini dipastikan aman, berkhasiat dan hahal. Hal itu disampaikan dalam agenda International Media Briefing secara daring di Gedung BNPB, Kamis (14/1/2021) yang juga disiarkan Kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Wiku, Indonesia telah menerima rekomendasi dari WHO (World Health Organization), bahwa nilai efikasi di atas 50 persen dapat diterima. Pemerintah akan terus memastikan bahwa program vaksinasi akan berjalan dengan baik, dan juga terus mengikuti hasil uji klinis vaksin Covid-19 di berbagai belahan dunia dengan beragam jenis vaksin. Hal itu demi tercapainya kekebalan komunitas atau herd immunity di Indonesia.

Untuk hasil uji klinis tahap 3 di Indonesia sendiri, vaksin Sinovac telah lulus dan memiliki Emergency Use of Authorization (EUA) yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dalam uji klinis tahap 3, dilakukan oleh Universitas Padjajaran di Bandung dan PT Bio Farma untuk memastikan prosesnya berjalan lancar.

Dalam proses uji klinis tahap 3 dan vaksinasi pemerintah melibatkan para pakar. Pemerintah juga bersipak transparan dan terus menginformasikan kepada masyarakat tentang perkembangan uji klinis vaksin Covid-19.

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun).

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Izin Keruk Harta Karun RI

Kabar Baru Jam 8

Mama 'AB': Mengikat Yang Tercerai

Gelar Konser Musik dan Seni Pertunjukan Offline. Apa Sudah Memungkinkan?