Gubernur Anies Perpanjang PSBB Jakarta Hingga 8 Februari

"Akan fokus menjangkau dan menekan terjadinya klaster keluarga karena klaster keluarga menyumbang 566 klaster,"

NASIONAL | RAGAM

Senin, 25 Jan 2021 08:46 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Gubernur Anies Perpanjang PSBB Jakarta Hingga 8 Februari

Pemakaman jenazah COVID-19 di TPU Bambu Apus dengan kapasitas 700 liang lahat, Jakarta, Minggu (24/1). (Antara/Fauzan)

KBR, Jakarta-   Pemprov DKI Jakarta memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama 14 hari hingga 8 Februari 2021. Ini dilakukan selaras dengan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali.

Dalam perpanjangan PSBB ini, Gubernur Jakarta Anies Baswedan akan memperkuat Satgas di tingkat RW untuk menekan klaster keluarga. Sebab, laju penularan Covid-19 di tingkat keluarga cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir.

"Nantinya, mereka juga akan fokus menjangkau dan menekan terjadinya klaster keluarga karena klaster keluarga menyumbang 566 klaster, setelah klaster perkantoran sebesar 312 klaster," ungkap Anies melalui keterangan tertulis, Minggu (24/1/2021) malam.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Jakarta Widyastuti mengungkapkan, jumlah kasus aktif di Ibu Kota pada akhir pekan ini mencapai angka tertinggi selama pandemi. Per tanggal 24 Januari 2021, jumlah kasus aktif mencapai 24 ribu lebih (24.224), meningkat 34 persen dari dua pekan sebelumnya.

"Jumlah kasus aktif sebesar 24.224 ini melampaui dari titik tertinggi kasus aktif yang ada di Jakarta. Sehingga, ini merupakan pesan kepada kita semua bahwa pandemi belum berakhir," ucapnya.

Angka ini diperparah dengan kondisi ketersediaan tempat tidur isolasi yang hanya menyisakan 14 persen. Dari total 8 ribuan (8.055) yang tersedia, kini telah terisi hampir 7 ribu (6.954) tempat tidur.

"Hal yang sama juga terjadi pada ICU kita, di mana kapasitas ICU kita telah terisi sebesar 84 persen dengan jumlah 1.097 tempat tidur ICU dan telah terpakai 921 tempat tidur ICU. Kami juga nantinya akan menambah kapasitas ICU hingga 1.362 tempat tidur ICU," paparnya.

Widyastuti mengatakan, Pemprov akan menambah fasilitas dan tenaga kesehatan di Jakarta guna menekan kematian dan meningkatkan angka kesembuhan.

Kasus positif Covid-19 masih menunjukan tren meninggi. Pada 24 Januari, ada 3.512 kasus baru yang dilaporkan di Ibu Kota.

 Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10