Distribus Vaksin Covid-19, Kemenkes Minta Daerah Pastikan Kesiapan Gudang Penyimpanan

"Setelah periode April kita akan memulai vaksinasi total kan 140 juta. Ya berarti jumlah vaksinnya jauh akan lebih banyak,"

NASIONAL | RAGAM

Jumat, 15 Jan 2021 13:23 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Distribus Vaksin Covid-19,  Kemenkes Minta Daerah Pastikan Kesiapan Gudang Penyimpanan

Distribusi Vaksin COVID-19 Sinovac di daerah. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta-  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta pemerintah daerah memastikan kesiapan gudang penyimpanan vaksin Covid-19. Juru Bicara Vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, gudang penyimpanan harus mampu menampung kuota vaksin yang diterima daerah tersebut. Sebab jika tidak, itu akan mengganggu distribusi rantai dingin vaksin.

"Dan ini tentunya harus diantisipasi. Karena saat ini kita kan hanya 1,2 juta dosis saja mereka sudah tidak bisa menampung. Apalagi nanti pada tahap berikutnya di mana kita akan vaksinasi 17,4 juta pemberi pelayanan publik. Bahkan setelah periode April kita akan memulai vaksinasi total kan 140 juta. Ya berarti jumlah vaksinnya jauh akan lebih banyak," kata Nadia kepada KBR melalui sambungan telepon, Kamis (14/1/2021) sore.

Juru Bicara Vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mendorong dinas kesehatan provinsi untuk mendistribusikan dahulu logistik-logistik lain yang tertampung di gudang penyimpanan. Tujuannya agar supaya ada ruang cukup untuk menampung vaksin Sinovac. Dengan begitu, ia yakin tak perlu ada penambahan kapasitas gudang di daerah.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut ada kendala dalam distribusi vaksin tahap 1. Menurut Nadia, kendala distribusi itu disebabkan karena adanya miskoordinasi dengan pemerintah daerah. Yakni gudang penyimpanan di provinsi tidak cukup untuk menampung kiriman vaksin. Namun Nadia mengklaim telah memperbaiki koordinasi tersebut.


Editor: Rony Sitanggang

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - RAGAM

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10