OPINI

Catatan Akhir Tahun 2017

Ilustrasi: pergantian tahun

Pekan terakhir di 2017 tinggal menghitung hari. Di penghujung tahun, banyak catatan yang mesti dituntaskan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mulai dari urusan ekonomi, sosial, hukum, kemanusiaan sampai Hak Asasi Manusia (HAM). Tentu dengan harapan semua masalah itu bisa tuntas pada tahun mendatang.

Tanpa mengurangi apresiasi pada percepatan pembangunan infrastruktur, sepatutnya bidang lain juga perlu mendapat prioritas  percepatan. Terutama pada percepatan pembangunan sumber daya manusia sebagai pelaku dan obyek. Sulit bagi bangsa ini untuk bersaing dengan negeri jiran --apalagi global-- bila warga juga aparatur  terus sibuk dengan urusan remeh meributkan hoaks. Saatnya mengakhiri kucuran energi untuk hal-hal negatif semacam itu.

Memasuki tahun politik, kewaspadaan mesti ditingkatkan. Patut diduga, reproduksi hoaks akan meningkat. Pandai-pandailah mencerna informasi yang disebar melalui media sosial. Abaikan informasi yang berlebihan, tendensius, atau berasal dari media yang tak jelas. Jangan biarkan informasi semacam itu menjadi viral dan meracuni akal sehat.

Di penghujung tahun, Kantor Berita Radio (KBR), menghaturkan terima kasih untuk segenap pendengar juga pembaca KBR.id. Apresiasi  yang sama juga Kami sampaikan pada ratusan radio jaringan di daerah juga mancanegara yang setiap hari setia menghadirkan informasi berkualitas. Pada 2018 KBR akan terus menghadirkan berita-berita yang inspiratif dan tepercaya untuk Anda. 

  • catatan akhir tahun
  • hoaks
  • infrastruktur
  • Pelanggaran HAM

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!