Share This

Mengenali Atlet Asian Games Kita

Siapa saja atlet yang dijagokan dari berbagai cabang olahraga? Siapa mereka? Apa prestasi sebelumnya?

OPINI , EDITORIAL

Senin, 16 Jul 2018 05:49 WIB

Kampung Delta yang bernuansa Asian Games di kawasan Kemayoran, Jakarta untuk  memeriahkan Asian Game

Kampung Delta yang bernuansa Asian Games di kawasan Kemayoran, Jakarta untuk memeriahkan Asian Games 2018. (Foto:Antara/Akbar Nugroho Gumay).

Presiden Joko Widodo menyatakan Jakarta dan Palembang siap menyambut puluhan ribu atlet dan officials untuk Asian Games 2018. Pernyataan ini keluar setelah Jokowi meninjau sejumlah tempat yang akan dijadikan ajang lomba di Palembang, Sabtu lalu. Seluruh persiapan dijanjikan selesai akhir Juli mendatang, disanggupi langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono. 

Pembicaraan seputar Asian Games memang lebih banyak soal pembangunan fisik. Wajar, karena ini adalah perhelatan besar dan kita tampak kedodoran dalam mengejar pembangunan fisik. Tapi sebetulnya yang tak kalah penting adalah seberapa kenal publik dengan atlet yang bakal berlaga. Apalagi Presiden Joko Widodo menargetkan Indonesia masuk 10 besar. Siapa saja atlet yang dijagokan dari berbagai cabang olahraga? Siapa mereka? Apa prestasi sebelumnya? 

Kita senang ketika mendengar kabar Lalu Muhammad Zohri yang jadi juara dunia lari 100 meter. Atau ketika tim Wushu pulang dengan sejumlah medali. Kita ingin ada rasa hangat menjalar di dada ketika mendengar kabar kemenangan. Begitu juga kalau kita tahu persis siapa saja atlet yang akan kita teriakkan namanya di lapangan demi memberi semangat. 

Asian Games tinggal hitungan hari, kemeriahan sepertinya masih sebatas pada spanduk di pinggir jalan. Meski sudah di ujung tanduk, Kementerian Pariwisata baru-baru ini menggelar lomba pesona Asian Games. Tapi tak apa, yang begini tetap perlu diapresiasi - meski seharusnya gaung seperti ini sudah berkumandang sejak awal tahun.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.