Share This

Imun

Jauh hari sebelum kegiatan ini digelar, sejumlah pihak di beberapa sekolah menolak. Alasannya beragam - dari mulai keyakinan hingga kehalalan vaksin tersebut.

OPINI , EDITORIAL

Selasa, 31 Jul 2018 05:04 WIB

Vaksin Measles Rubella salah satu prioritas Kementerian Kesehatan untuk mencapai Sustainable Develop

Vaksin Measles Rubella salah satu prioritas Kementerian Kesehatan untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) untuk menurunkan angka kematian pada anak. (Foto: Antara/Irwansyah Putra). 

Mulai Agustus ini pemerintah menggelar imunisasi nasional measles rubella. Imunisasi MR lanjutan ini digelar untuk wilayah luar Pulau Jawa. Yang jadi target adalah hampir 33 juta anak untuk program nasional ini. Hingga September ditargetkan seluruh anak Indonesia yang jumlahnya sekitar  65 juta jiwa telah  mendapat imunisasi atau  kekebalan dari kedua jenis penyakit.

Jauh hari sebelum kegiatan ini digelar, sejumlah pihak di beberapa sekolah menolak. Alasannya beragam - dari mulai keyakinan hingga kehalalan vaksin tersebut. Kementerian Kesehatan menjawab keraguan itu dengan merujuk fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 2 tahun lalu. Fatwa itu menyatakan imunisasi dibolehkan atau mubah sebagai bentuk ikhtiar untuk mewujudkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya suatu penyakit. 

Meski membolehkan, MUI mewajibkan imunisasi  menggunakan bahan halal dan suci. Imunisasi dengan  bahan haram hanya boleh diberikan  dalam kondisi darurat atau belum ditemukan vaksin dengan  bahan halal.

Kementerian Kesehatan menegaskan vaksin campak rubella  yang akan diberikan mulai besok: halal. Mengingat dampaknya, sepatutnya orang tua juga sekolah tak menolak imunisasi. Penyakit yang bisa membahayakan jiwa anak itu mesti diputus rantai  penyebarannya melalui pengimunan massal.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.