UEFA Larang Empat Klub Berlaga di Kompetisi Eropa

Juara liga Turki tahun 2010 Bursaspor menjadi satu dari empat klub Eropa yang didenda dan dilarang bermain di kompetisi UEFA musim depan karena masalah keuangan yang mereka alami.

OLAHRAGA

Selasa, 23 Des 2014 10:31 WIB

Author

Antonius Eko

UEFA Larang Empat Klub Berlaga di Kompetisi Eropa

UEFA, liga Champions

Juara liga Turki tahun 2010  Bursaspor menjadi satu dari empat klub Eropa yang didenda dan dilarang bermain di kompetisi UEFA musim depan karena masalah keuangan yang mereka alami. 


Badan pengawas keuangan klub UEFA menjatuhkan sanksi pada Bursaspor, kesebelasan Ekranas dari Lithuania serta dua klub asal Rumania, CFR Cluj dan Astra Giurgiu. Mereka dianggap lalai membayar tunggakan kepada klub lain, karyawan dan otoritas pajak. 


Pada 2012, Pengadilan Arbitrase Olahrahga menunda sanksi UEFA terhadap Bursaspor karena belum juga membayar ongkos transfer yang mencapai Rp 4.5 miliar. Namun UEFA menyatakan sanksi itu akan segera berlaku dan membuat klub itu tak bisa berlaga di kompetisi Eropa sampai 2019. 


Klub itu juga didenda Rp 1,5 miliar. Namun setengah dari denda itu akan dihapus jika klub mampu membuktikan bahwa mereka sudah membereskan semua urusan keuangan. 


Sementara CRF Cluj dan Astra Giurgiu dilarang terlibat dalam kompetisi Eropa sampai 2018, kecuali mereka bisa menyelesaikan semua tunggakan keuangan sampai akhir Januari nanti. 


CRF 1907 Cluj didenda Rp 2,2 milar, sementara Astra Giurgiu harus membayar sebesar Rp 1,5 miliar. 


Sedangkan klub FK Ekranas tak boleh berlaga di kompetisi Eropa selama dua musim dan harus membayar denda Rp 228 juta. (theage) 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Jurus Investasi Reksadana Antitekor

Kiat Asyik Tegakkan Prokes saat Rayakan Hari Raya

Kabar Baru Jam 7

Upaya Mencegah Penyebaran Covid-19 Klaster Idulfitri