OLAHRAGA

Bonus Rp 2 Miliar untuk Timnas U-23 Sudah di Depan Mata

"KBR68H, Jakarta "

Doddy Rosadi

Bonus Rp 2 Miliar untuk Timnas U-23 Sudah di Depan Mata
bonus, timnas, sepakbola, sea games

KBR68H, Jakarta – Sukses timnas U-23 lolos ke final Sea Games 2013 di Myanmar sudah menyamai prestasi dua tahun lalu. Anak asuh Rahmad Darmawan itu juga sudah pasti mengantongi bonus Rp 500 juta atas keberhasilan mereka maju ke partai puncak.

Wakil Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti mengatakan, para pemain timnas jangan cepat berpuas diri karena sudah berhasil lolos ke final. Tantangan utama saat ini adalah bagaimana mengalahkan Thailand di partai final dan mempersembahkan medali emas untuk kontingen Indonesia.
La Nyalla juga sudah menyiapkan bonus Rp 2 miliar kepada timnas U-23 apabila mampu mengalahkan Thailand di final Sea Games, besok.

“Seperti janji saya sebelumnya, lolos final akan dapat bonus Rp 500 juta. Jadi sekarang mereka sudah dapat Rp 50 juta. Tapi, kalau bisa jadi juara saya sudah siapkan bonus Rp 2 miliar. Bonus ini untuk seluruh tim, jadi bukan hanya kepada pemain saja. Para pemain harus bisa melakukan apa yang dilakukan timnas U-19 ketika jadi juara di Piala AFF. Di babak penyisihan, mereka kalah dari Vietnam tapi berhasil membalas di babak final melalui adu penalty,”kata La Nyalla ketika dihubungi KBR68H, Jumat, (20/12).

La Nyalla meminta para pemain tampil sabar dan tidak emosi. Selain itu, faktor lain yang juga harus menjadi perhatian pelatih Rahmad Darmawan adalah stamina pemain. Menurut dia, kondisi fisik pemain timnas U-23 sering kedodoran setelah melewati menit ke-60 dan 70.

“Memang kondisi fisik timnas U-23 ini masih kalah jauh dibandingkan timnas U-19. Karena itu, lini belakang harus tetap solid sehingga ketika stamina menurun tetap bisa menahan gempuran pemain lawan,”ujar La Nyalla.


La Nyalla juga tidak mempermasalahkan apabila partai final harus kembali melalui adu penalty seperti dua tahun lalu. Kata dia, pemain harus siap untuk menghadapi skenario apa pun di lapangan,”kata La Nyalla.

Kemarin, timnas U-23 Indonesia berhasil mengalahkan juara bertahan Malaysia di babak semifinal melalui adu penalty. Kiper Kurnia Meiga tampil sebagai pahlawan dengan menepis dua tendangan pertama pemain Malaysia.

Pada eksekusi pertama, Meiga menggagalkan tendangan Thamil. Setelah itu giliran tendangan Shahrul yang ditepis Meiga sambil menjatuhkan diri. Sedangkan timnas berhasil mencetak empat gol dari tos-tosan tersebut melalui Alfin, Diego, Yandi dan Pahabol. Hanya Manahati yang tidak bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Dua tahun lalu, Indonesia juga melaju ke final Sea Games yang digelar di Palembang. Namun, impian untuk meraih medali emas pupus setelah kalah adu penalti dari Malaysia. Indonesia terakhir kali meraih emas sepakbola ada Sea Games 1991.

Baca: La Nyalla: Saatnya Sepak Bola Persembahkan Emas di Sea Games

  • bonus
  • timnas
  • sepakbola
  • sea games

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!