Magnus Carlsen, Harry Potter di Olahraga Catur

KBR68H

OLAHRAGA

Sabtu, 09 Nov 2013 19:11 WIB

Author

Doddy Rosadi

Magnus Carlsen, Harry Potter di Olahraga Catur

magnus carlsen, catur, anand, juara dunia

KBR68H – Sosok penyihir Harry Potter menjelma dalam diri Magnus Carlsen, pecatur muda yang akan menantang juara dunia catur dari India, Vishwanathan Anand. Carlsen, 22 tahun adalah pecatur asal Norwegia yang penampilannya dalam memainkan bidak dipuja-puja oleh bekas juara dunia Gary Kasparov. Langkah-langkahnya di papan catur ibarat mantra sihir yang bisa membuat lawannya bertekuk lutut.

Kasparov juga lah yang memberi julukan Harry Potter kepada Carlsen. Dalam beberapa hari ke depan, Carlsen akan menantang Anand dalam pertandingan 12 babak untuk memperebutkan gelar juara dunia catur.

Sejak 2007, Anand adalah pemegang gelar juara dunia catur. Di usia 43 tahun, pertarungan antara Anand melawan Carlsen diibaratkan dengan partai antara Boris Spassky melawan Bobby Fischer pada 1972. Ketika itu, Spassky adalah juara dunia catur dari Uni Soviet dan sudah 24 tahun menjadi yang terbaik di olahraga ini.

Sedangkan Fischer adalah pecatur Amerika yang tengah naik daun. Partai itu akhirnya dimenangkan Fischer dan sekaligus mengakhiri dominasi Spassky sebagai juara dunia catur. Sejumlah analis memperkirakan, Anand akan kehilangan tahtanya dalam partai yang digelar di kota Chennai.

12 babak akan digelar selama tiga minggu di sebuah hotel dan akan disaksikan secara langsung oleh 350 penonton serta ribuan orang melalui siaran langsung televisi. Carlsen adalah pecatur terbaik dunia saat ini dan menempati posisi pertama dalam peringkat yang dikeluarkan Federasi Catur Dunia. Sedangkan Anand hanya menempati posisi delapan.

Meski diragukan bisa mempertahankan gelar juaranya, Anand mengaku senang bisa bertanding di kota kelahirannya.
“Kita lihat saja apa yang akan terjadi, saat ini saya sudah siap untuk bermain. Saya senang bisa bermain di kota kelahiran dan tidak sabar untuk segera memulai pertandingan,”kata Anand.


Sedangkan Carlsen merendah dan menyatakan dia bukan favorit untuk menjadi juara dunia.

“Saya tidak tahu siapa yang jadi favorit. Saya hanya akan berusaha tampil sebaik mungkin,”ujarnya.

Bekas juara catur dari Rusia Vladimir Kramnik mengungkapkan, Carlsen mempunyai energi dan motivasi yang lebih besar dibandingkan Anand. Pecatur pertama yang bisa meraih 6,5 poin akan keluar sebagai juara. Apabila pertandingan berakhir imbang setelah 12 babak maka pemenang akan ditentukan melalui sudden death. (BBC)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Ilmuan Iran Dibunuh, PBB minta semua pihak menahan diri

Kabar Baru Jam 7

Menagih Penuntasan Kasus Pembunuhan Pendeta Yeremia

Kabar Baru Jam 8

Rumah Sakit Penuh, Pemkab Cilacap Sewa Hotel untuk Karantina Pasien Covid-19