covid-19

Kasus COVID-19 PON Papua Bertambah, Menkes Duga Penularan di Penginapan

Budi meminta Satuan Tugas COVID-19 di daerah memperkuat kewenangan untuk mengamati penerapan protokol kesehatan.

BERITA | OLAHRAGA

Senin, 11 Okt 2021 19:26 WIB

Author

Heru Haetami

Kasus COVID-19 PON Papua Bertambah, Menkes Duga Penularan di Penginapan

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Foto : ANTARA

KBR, Jakarta- Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut kasus konfirmasi positif COVID-19 pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, bertambah. Budi mengungkapkan, hingga Senin (11/10), ada puluhan kasus virus korona teridentifikasi pada penyelenggaraan PON.

"Memang kemarin sudah diidentifikasi 65 kasus konfirmasi. Sampai tadi siang itu menjadi 83 kasus terkonfirmasi dan memang terjadi konsentrasi di beberapa cabang seperti judo, sepatu roda, motor cross, panahan dan cricket," kata Budi dalam konferensi pers secara daring, Senin (11/10/2021).

Menkes Budi Gunadi Sadikin menambahkan, usai dilakukan pelacakan di beberapa cabang olahraga, tim kesehatan kemudian melakukan pengecekan ke sejumlah kontingen dari beberapa provinsi, seperti DKI Jakarta, Timur Jawa, Jawa Tengah, Jambi dan Bali. Dari hasil pengamatan Kementerian Kesehatan, kemungkinan besar penularan terjadi di penginapan.

"Karena memang kamar yang ditempati oleh para atlet itu satu kamar ditempati oleh sekitar 4 orang atlet dan juga pada saat makan dilakukan makan bersama. Hal ini menjadi catatan agar ke depannya untuk acara-acara besar seperti ini ada perbaikan-perbaikan protokol kesehatan," kata Budi.

Baca juga:

Selanjutnya, Budi meminta Satuan Tugas COVID-19 di daerah memperkuat kewenangan untuk mengamati penerapan protokol kesehatan dengan lebih ketat.

"Yang bisa kami lakukan selanjutnya juga kami mengamati bahwa disiplin menjalankan protokol kesehatan juga masih bisa ditingkatkan. Terutama dengan memberikan wewenang yang lebih besar kepada Satgas COVID-19 di daerah," katanya

Selain ada penambahan kasus positif, Kemenkes juga memantau sejumlah atlet PON yang terinfeksi virus korona. Namun, mereka telah pulang ke daerah masing-masing, seperti Tarakan, Jambi, Sidoarjo dan Yogyakarta. 

Kata Menteri Budi, dalam rapat terbatas hari ini (11/10), Presiden Joko Widodo memerintahkan para atlet tersebut langsung menjalani karantina.

"Atas saran Bapak Presiden agar 7 atlet agar 7 atlet yang keburu kembali ke kota asalnya sebelum selesai masa isolasinya ini bisa segera dikarantina atau isolasi di tempat kedatangan," ujar Budi.

Editor: Dwi Reinjani

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ramai Cukai Rokok Mau Naik, Apa Kata Pakar dan DPR?