OLAHRAGA

Pembalap Iran Rebut Etape Pamungkas Internasional Tour de Banyuwangi Ijen 2014

"Selisih tipis antar pebalap."

Hermawan

Pembalap Iran Rebut Etape Pamungkas Internasional Tour de Banyuwangi Ijen 2014
Ijen, balap sepeda

KBR, Banyuwangi – Etape pamungkas International Tour de Banyuwangi Ijen 2014 menjadi milik Mehdi Sohrabi, pebalap asal Tabriz Petrochemical Team dari Iran. Mehdi sukses menyingkirkan pebalap Pishgaman Yazd Cycling Team yang mendominasi sejak awal lomba. Etape pamungkas ini berlangsung pada Minggu (19/10) sore. 


Mehdi mencatatkan waktu 3 jam, 10 menit dan 34 detik. Catatan waktu yang sama juga dicapai peringkat kedua Eduard Prades Reverter dari Matrix Powertag Jepang dan Shimpei Fukuda asal tim Aisan Racing Team.


Chairman Internasional Tour de Banyuwangi Ijen Guntur Priambodo mengatakan, saat balapan para pebalap masih berkumpul dalam satu rombongan besar. Tapi selang beberapa putaran berikutnya, pembalap mulai terpecah. Rombongan pertama berisi belasan pembalap. Sementara jumlah lebih banyak bergabung di rombongan besar yang menguntit di belakangnya.


“Paling satu detik, dua detik saja. Sehingga juaranya kemarin general classification yang ada di Ijen kemarin, kemungkinan besar sekarang tetap menjadi juara yang kemarin itu,” kata Guntur. 


Guntur menambahkan, rombongan besar berhasil menangkap grup kecil yang memimpin di depan. Seluruh pembalap akhirnya tergabung dalam grup besar dan masuk ke finish secara bersamaan. Sehingga Sohrabi dinyatakan sebagai tercepat di etape ini.


Sementara itu, Peter Pouly, pembalap asal Prancis yang tergabung dalam Singha Infinite Cycling menjadi bintang di Internatiobal Tour De Banyuwangi Ijen 2014. Meski hanya finish di posisi ke-44 pada etape terakhir, Peter Pouly berhasil mengunci gelar juara kategori pembalap. Sedangkan untuk kategori tim, diraih Tabriz Petrochemical Team, Iran.


Dalam klasemen individual, pembalap asal tim Singha Infinite ini duduk di posisi pertama. Ia berhasil mencatatkan waktu paling cepat selama empat etape ITdBI ini. Dia juga sekaligus mempertahankan gelar King Of Mountain sejak etape tiga yang memberinya banyak poin.


Etape keempat sekaligus terakhir di balapan ini mengambil start di Kalibaru dan finish di depan kantor bupati Banyuwangi. Etape keempat memiliki panjang 140.5 kilometer. Sejak KM ke-54, para pembalap langsung menghadapi lintasan criterium. Mereka memutari kantor Bupati Banyuwangi sebanyak 12 kali. 


Editor: Citra Dyah Prastuti 


  • Ijen
  • balap sepeda

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!