BERITA

Panitia Targetkan Ratusan Peserta 'Bersepeda di Jantung Borneo III'

Panitia Targetkan Ratusan Peserta 'Bersepeda di Jantung Borneo III'

KBR, Jakarta- Bersepeda di Jantung Borneo III atau tour sepeda lintas batas negara akan segera digelar, Desember 2019 mendatang.

 

Menurut Ketua Panitia Bersepeda di Jantung Borneo Roni Wang, kegiatan bersepeda di jantung borneo merupakan wadah bagi antusiasme masyarakat terhadap olahraga sepeda di Indonesia dan dunia, sekaligus wadah baru menemukan bakat-bakat baru yang dimiliki Indonesia dalam olahraga sepeda.

Roni mengatakan, seperti kegiatan sebelumnya, Bersepeda di Jantung Borneo merupakan kegiatan lanjutan dari even Bersepeda di Jantung Borneo I yang juga bagian dari Festival Danau Sentarum. Bersepeda di Jantung Borneo I digelar pada bulan Oktober tahun 2017 lalu, bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda, dan hanya dilakukan di wilayah Kalimantan Barat, Indonesia dengan 90 peserta.

Selanjutnya pada tahun bulan Oktober 2018 yang juga dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Bersepeda di Jantung Borneo II melibatkan pesepeda dari Malaysia, dengan total 137 peserta, dengan jarak 141,69 kilometer.


Sementara untuk Bersepeda di Jantung Borneo III, rute perjalanan dengan sepeda akan diperpanjang selama 3 hari, mulai 5 hingga 7 Desember 2019.

Adapun rute yang akan ditempuh yaitu Etape I bermula dari Kantor Bupati Kapuas Hulu, Putussibau menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau.

Peserta kemudian akan diajak singgah ke Rumah Betang di Sungai Utik untuk menikmati sajian makan siang dan menikmati kebudayaan Suku Dayak dengan sajian Ritual Adat Penyambutan Tamu, tarian Dayak dan juga makanan dan minuman khas Suku Dayak.

Setelah itu, peserta akan langsung meneruskan perjalanan menuju PLBN Badau untuk kemudian beristirahat dan bermalam di Badau.

Keesokan harinya, peserta akan melanjutkan etape II sejauh 90, 3 kilometer dengan rute PLBN Badau menuju Spaoh, kota kecil di Sarawak, Malaysia. Di Spaoh peserta akan disambut oleh Spaoh Cycling Club di Gedung Dewan Serbaguna Spaoh. Peserta juga akan dihibur oleh kesenian khas Spaoh dan menikmati makan malam dan kemudian setelah itu para Peserta akan bermalam di Spaoh.

Untuk etape III atau etape terakhir, pesepeda akan menempuh rute sejauh 214 kilometer yang dimulai dari Spaoh menuju garis Finish di Alun-alun Kuching, atau Kuching Waterfront, Sarawak, Malaysia.

"Panitia menargetkan lebih kurang 300 peserta di Bersepeda di Jantung Borneo III ini. Peserta tidak hanya berpetualang menikmati keindahan dan kekayaan alam di Jantung Borneo, tetapi juga kesempatan untuk memahami kearifan dan budaya lokal,” kata Roni.

Bersepeda di Jantung Borneo II ini juga didukung oleh WWF Indonesia, sekaligus mendukung Visit the Heart of Borneo, mempromosikan olahraga bersepeda, mengkampanyekan budaya hidup hemat energi, sekaligus mempromosikan potensi wisata, terutama di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, sebagai salah satu prioritas tujuan wisata di Jantung Borneo.


  • sepeda
  • Borneo
  • Batas Negara
  • WWF

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!