Dua Tahun Lagi Manny Pacquiao Gantung Sarung Tinju

Akhir dari karir petinju Manny Pacquiao semakin jelas. Ikon Filipina itu mengaku akan gantung sarung tinju dua tahun dari sekarang. Pacquiao ingin fokus berkarir lebih tinggi di lembaga publik.

OLAHRAGA

Jumat, 01 Agus 2014 11:03 WIB

Author

Catrina Sinaga

Dua Tahun Lagi Manny Pacquiao Gantung Sarung Tinju

Manny Pacquiao, tinju

KBR - Akhir dari karir petinju Manny Pacquiao semakin jelas. Ikon Filipina itu mengaku akan gantung sarung tinju dua tahun dari sekarang. Pacquiao ingin fokus berkarir lebih tinggi di lembaga publik.


Dalam sebuah wawancara dengan reporter ABS-CBN Anthony Taberna, Pacquiao membenarkan kalau dirinya mengincar posisi anggota dewan negara pada pemilu periode 2016.


“Ada kesempatan besar untuk saya menjadi anggota dewan. UNA mengajak saya bergabung menjadi calon anggota dewan. Saya senang karena mereka memilih saya,” kata anggota kongres Provinsi Sarangani itu. 


Saat ini United Nationalist Alliance (UNA) duduk sebagai partai oposisi di Filipina. Wakil Presiden Filipina Jejomar Binay selaku pemimpin partai UNA  mengincar posisi Presiden di periode 2016.


Pacquiao mengaku karirnya sebagai petinju profesional selama dua puluh tahun akan selesai begitu menjabat sebagai anggota dewan.


Pria berusia 35 tahun tersebut sudah terjun ke dunia tinju profesional sejak umur 16. Pacquiao berhasil mendapat gelar juara dunia di delapan kelas berbeda.  Dia mengaku masih siap menghadapi beberapa pertandingan lagi.


Untuk pertandingan ke-64, petinju kidal itu akan menghadapi Chris Algieri di Macau pada 23 November. Kontrak lima pertandingan dengan promotor Top Rank Inc. masih harus dijalani Pacquiao hingga 2016. Pertandingan dengan Algieri adalah yang pertama dalam kontrak itu. 


Anggota Kongres sekaligus petinju itu diharapkan dapat beraksi dalam dua pertandingan lagi di 2015 dan dua kali di tahun 2016.  Setelah memenuhi kontrak di tahun 2016, Pacquiao tidak akan naik ring lagi alias pensiun sebagai petinju profesional.


Selain dunia tinju dan politik, Pacquiao juga aktif dalam olahraga basket profesional. Dia menjadi ketua pelatih tim basket Kia Motors yang tergabung dalam Asosiasi Bola Basket Filipina (PBA).  (philstar) 


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Menyoal Kebijakan Pemerintah Tangani Konflik Papua

Para Pencari Harta Karun

Kabar Baru Jam 8

KPK Berada di Titik Nadir?