OLAHRAGA

Senator AS Minta Piala Dunia 2018 Dipindah dari Rusia

Senator AS Minta Piala Dunia 2018 Dipindah dari Rusia

Sejumlah senator Amerika Serikat meminta dunia menekan FIFA agar memindahkan menyelenggarakan Piala Dunia dari Rusia. 


Hubungan AS dan Rusia memburuk di tahun ini menyusul dukungan Rusia terhadap kelompok separatis di timur Ukraina. Jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 makin meningkatkan ketegangan. Kondisi ini berdampak juga pada penunjukkan Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018. 


Wakil Perdana Menteri Inggris Nick Clegg mengatakan, Rusia tak layak menjadi tuan rumah kecuali ada perubahan atas kelakuan mereka di Ukraina. Sementara pada Maret lalu, dua senator AS dari partai Republik mengirimkan surat ke Presiden FIFA Sepp Blatter meminta Piala Dunia dipindah. 


Kini, dua politisi AS lainnya, termasuk bekas capres John McCain, juga mendesak FIFA mempertimbangkan kembali penunjukkan Rusia sebagai penyelenggara Piala Dunia. 


“Saya masih ingat saat Rusia menginvasi Afghanistan dan AS memutuskan memboikot Olimpiade. Jika komunitas internasional kembali melakukan itu (memboikot Piala Dunia), saya akan mendukungnya,” kata McCain. 


Sementara senator Demokrat dari Connecticut, Chris Murphy mengatakan, Rusia terus mendapat tekanan internasional terkait campur tangan mereka di Ukraina. Itulah sebabnya negara itu tak layak menjadi penyelenggara Piala Dunia. 


Sementara itu, FIFA menegaskan tak akan memindahkan turnamen empat tahun itu. “Sejarah menunjukkan bahwa memboikot sebuah event olahraga, melakukan isolasi politik atau konfrontasi tak akan efektif untuk memecahkan masalah,” tegas FIFA. (goal) 


  • mh17
  • malaysia
  • rusia
  • FIFA
  • Piala Diunia

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!