Buffon Bawa Italia Raih Posisi Tiga

KBR68H

OLAHRAGA

Senin, 01 Jul 2013 05:09 WIB

Author

Doddy Rosadi

Buffon Bawa Italia Raih Posisi Tiga

gianluigi buffon, italia, uruguay, piala konfederasi

KBR68H – Kesebelasan Italia berhasil meraih posisi tiga di Piala Konfederasi 2013 setelah mengalahkan Uruguay 5-4 melalui drama adu penalti. Kedua tim bermain imbang 2-2 hingga babak kedua berakhir dan babak tambahan waktu sehingga pertandingan harus dilanjutkan melalui adu penalti. Buffon menjadi pahlawan Italia dengan menepis tiga tendangan penalti pemain Uruguay.

Italia tidak diperkuat Andrea Pirlo dan Andrea Barzagli yang masih dibekap cidera. Pelatih Cesare Prandelli menurunkan Stephan El Shaaraway dan Diamanti untuk mendampingi Alberto Gilardino di posisi penyerang. Sedangkan Uruguay tetap mempertahankan trio Luis Suarez, Diego Forlan dan Edinson Cavani.

Anak asuh Prandelli menjadi tim pertama yang mencetak gol ketika Astori memperdaya kiper Muslera di menit ke-23. Wasit menggunakan teknologi garos gawang untuk menentukan apakah bola sudah melewati gawang Uruguay. Ini untuk pertama kali teknologi tersebut digunakan di sebuah turnamen besar.

Uruguay langsung bangkit. Suarez nyaris menjebol gawang Italia ketika tendangannya hanya mengenai sisi samping mistar gawang. Setelah itu, Cavani mampu memasukkan bola ke gawang Buffon. Namun, gol tersebut dianulir karena Cavani sudah berada dalam posisi offside. Skor 1-0 untuk keunggulan Italia bertahan hingga babak pertama usai.

Uruguay baru bisa menyamakan kedudukan ketika babak kedua sudah berjalan 13 menit. Umpan Walter Gargano menggagalkan jebakan offside yang dibuat pemain Italia. Cavani yang lolos dari jebakan offside dengan mudah memperdaya kiper Buffon. Forlan seharusnya bisa membuat Uruguay unggul di menit ke-67. Namun, tendangannya dari jarak dekat berhasil dihalau Buffon.

Pada menit ke-73, Italia kembali unggul ketika tendangan bebas Diamanti mengecoh kiper Muslera. Akan tetapi, keunggulan itu hanya bertahan lima menit. Edinson Cavani memperlihatkan kehebatannya dari bola mati. Tendangan bebas pemain Napoli ini melengkung melewati pagar betis dan memperdaya Buffon. Skor 2-2 bertahan hingga pertandingan usai.

Di masa perpanjangan waktu pertama, Italia harus bermain dengan 10 pemain ketika Ricardo Montolivo menerima kartu kuning kedua. Namun, Uruguay tidak mampu memanfaatkan keunggulan pemain itu. Duet Suarez dan Cavani tidak mampu membongkat lini belakang Italia hingga masa perpanjangan waktu berakhir. Adu penalti menjadi penentu tim yang akan menempati posisi tiga.

Forlan yang dipercaya sebagai eksekutor pertama gagal menjalankan tugasnya setelah tendangannya berhasil ditepis Buffon. Setelah itu, Aquilani membawa Italia unggul. Cavani membawa skor imbang 1-1 setelah memperdaya Buffon dari titik putih. Namun, Italia kembali unggul melalui El Shaaraway.

Suarez membuat skor kembali imbang. Setelah itu, kiper Uruguay Muslera menggagalkan tendangan penalti Mattia De Sciglio. Namun, Buffon tampil gemilang di bawah mistar gawang ketika menghalau tendangan penalti Martin Caceres dan Gargano. Sedangkan Giaccherini sukses menjalankan tugasnya dengan baik. (Soccerway)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Cerdik Kelola THR

Kabar Baru Jam 8

Soal Kerumunan, Kegiatan Ibadah dan Ancaman Virus Covid-19 Varian Baru

Jihad itu Sebenarnya Apa Sih?