Triesman: FIFA Sudah Mirip Mafia

Bekas ketua Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) Lord Triesman menilai kelakukan para petinggi FIFA sudah seperti keluarga mafia dengan tradisi menyuap dan korupsi.

OLAHRAGA

Kamis, 12 Jun 2014 14:48 WIB

Author

Antonius Eko

Triesman: FIFA Sudah Mirip Mafia

fifa, piala dunia, qatar

Bekas ketua Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) Lord Triesman menilai kelakuan para petinggi FIFA sudah seperti keluarga mafia dengan tradisi menyuap dan korupsi. 


Badan sepak bola dunia itu diguncang berbagai skandal dalam beberapa tahun terakhir. Terbaru adalah tudingan dari harian The Sunday Times terkait korupsi penunjukkan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. 


Tudingan itu membuat sejumlah petinggi UEFA mendesak presiden FIFA Sepp Blatter untuk mengundurkan diri setelah 16 tahun memimpin organisasi itu. 


Triesman, yang menjadi ketua FA saat Inggris mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, melancarkan serangan kepada pimpinan FIFA dan menyamakan mereka dengan keluarga mafia Corleone di film Godfather. 


“FIFA sudah seperti keluarga mafia. Setengah anggota komite eksekutif yang memilih Piala Dunia lalu harus mengundurkan diri. Bahkan Joao Havelange juga harus dicopot dari jabatannya sebagai presiden kehormatan seumur hidup,” tegas Triesman. 


“Korupsi yang sudah sistemik ditutup-tutupi dengan penyelidikan pura-pura yang malah mengaburkan semua masalah sehingga korupsi itu tak bisa diproses. Saya yakin, Don Corleone juga melakukan taktik ini dan mungkin dia bakal mengagumi cara-cara FIFA itu.”  (goal) 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18