Piala Sudirman: Cina Kalahkan Indonesia dengan Susah Payah

KBR68H

OLAHRAGA

Kamis, 23 Mei 2013 16:08 WIB

Author

Doddy Rosadi

Piala Sudirman: Cina Kalahkan Indonesia dengan Susah Payah

piala sudirman, cina, indonesia, perempat final

KBR68H – Tim bulutangkis Cina meraih kemenangan susah payah atas Indonesia di babak perempat final Piala Sudirman yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Setelah menang telak 5-0 di babak penyisihan, Cina sempat dua kali tertinggal sebelum akhirnya menang 3-2. Kemenangan Cina ditentukan di partai kelima melalui ganda putri Yu Yang/Wang Xiao Li yang mengalahkan pasangan dadakan Indonesia Liliyana Natsir/Nitya Maheswari dengan dua set langsung 21-12 dan 21-19.

Partai penentuan itu berlangsung berat sebelah di set pertama. Lilyana yang baru sekali dipasangkan dengan Nitya Maheswari kerap salah pengertian di lapangan. Belum ada komunikasi yang baik antara kedua pemain. Akibatnya, ganda Cina dengan mudah meraih angka demi angka dan menang 21-12.

Namun, penampilan Lilyana.Nitya mulai membaik di set kedua. Mereka sempat unggul 11-8 sebelum akhirnya berhasil dikejar pemain Cina hingga skor 16-16. Sejak itu, kedua pasangan ini saling berkejaran hingga 19-19. Keberuntungan sepertinya belum berpihak kepada Indonesia. Ganda putri nomor satu Cina itu meraih dua angka secara beruntun sekaligus merebut set kedua dan memastikan kemenangan serta satu tiket ke babak semifinal Piala Sudirman.

Penampilan para pemain Indonesia melawan Cina layak diacungi jempol. Meski berststus sebagai underdog, para pemain tampil habis-habisan. Di partai pertama, ganda campuran Tontowi/Lilyana Natsir mengalahkan ganda campuran nomor satu China, Ma Jin /Xu Cen, melalui pertarungan tiga set, 21-18, 14-21, 21-16. Tontowi/Lilyana harus bekerja keras untuk bisa mengulangi kemenangan mereka di final All England 2013 dari lawan yang sama.

Namun, Cina berhasil menyamakan kedudukan melalui tunggal putra Chen Long. Pemain nomor dua dunia itu tanpa kesulitan menaklukkan Tommy Sugiarto dengan dua set langsung 21-11 dan 21-15. Taktik reli-reli panjang yang diterapkan Tommy di sepanjang pertandingan tidak mampu menguras tenaga Chen Long. Justru, Tommy yang kerap kehilangan angka karena melakukan kesalahan sendiri.

Indonesia kembali berbalik unggul saat pasangan ganda putra Rian Agung Saputra/Angga Pratama di luar dugaan berhasil mengalahkan ganda nomor satu dunia Fu Haifeng/Cai Yun melalui pertarungan tiga set yang mendebarkan. Tunggal putri Lindaweni gagal menyumbangkan angka setelah takluk di tangan Li Xuerui.

Hasil ini membuat tim bulutangkis Indonesia gagal memenuhi target yang ditetapkan Ketua Umum PBSI Gita Wirjawan yaitu lolos hingga babak semifinal. Indonesia belum pernah lagi menjadi juara Piala Sudirman sejak turnamen ini pertama kali digelar pada 1989. 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Arab Saudi Akan Gratiskan Vaksin Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Polemik TNI 'cawe-cawe' Copoti Baliho Rizieq Shihab

Kabar Baru Jam 8

Wagub DKI Ingatkan Sanksi Bagi Penolak Tes Covid-19 di Petamburan