OLAHRAGA

Sembilan Negara Berlaga di Solo ASEAN Paragames 2022

Ada 14 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam ASEAN Paragames 2022

KBR, Solo- Ketua Komite Paralimpik Nasional NPC, Senny Marbun memastikan ada seribuan atlet dari sembilan negara yang akan ikut dalam perhelatan olahraga ASEAN Paragames 2022, yang akan diselenggarakan di Solo, Juli mendatang.

" Data sementara ada 9 negara yang akan mengirim atlet dan kontingennya. Total 1500-an peserta. Dua negara yaitu Laos dan Vietnam belum konfirmasi ke kami. Kalau dua negara itu confirm ikut, ya bisa nambah 200-an peserta jadi 1700-an totalnya. Ini menjadi tanda bahwa atlet difabel di ASEAN yang selama 2 tahun berlatih dan tertunda karena pandemi, butuh sarana bertanding lagi," ujar Senny, di kantor NPC Solo, Jumat (25/03/2022).

Ketua NPC Senny Marbun mengatakan, hingga saat ini persiapan fasilitas dan arena pertandinga terus dibenahi, untuk menyambut para atlet dari negara sahabat. Lebih lanjut Senny mengungkapkan ada 14 cabang olahraga paragames yang dipertandingkan meliputi memanah, atletik, badminton, boccia, catur, sepak bola duduk, goalball, hingga tenis kursi roda.

Kendati banyak negara sahabat yang telah dipastikan ikut, namun kesiapan arena baru mencapai 55 persen. Bahkan kata Senny, beberapa arena perlu mendapat perbaikan yang cukup banyak.

"Sebenarnya ini sudah ready, tapi kalau dilihat presentasi ya 55 persen siap. Kekurangan cuma renovasi venue dan latihan. Yang mendesak lokasinya Karanganyar, cabang olahraga renang di Kolam Renang Intan Pari," kata Senny.

Senny juga mengatakan, sampai saat ini belum mengetahui besaran dana yang akan digelontorkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait perbaikan, hingga seremonial pembukaan dan penutupan ASEAN Paragames, yang rencananya akan digelar di Stadion Manahan, Solo.

"Belum bisa membicarakan itu, karena kami belum bisa membayangkan dananya. Masih ada sponsor yang masuk atau tidak," ujar dia.

Baca juga:

Kota Ramah Difabel di Mata Atlet Muda Berprestasi

Editor: Dwi Reinjani

  • ASEAN Paragames
  • Stadion Manahan Solo
  • Paralimpik

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!