OLAHRAGA

Afsel Ajukan Diri Sebagai Tuan Rumah Commonwealth Games 2022

"Pemerintah Afrika Selatan berencana mencalonkan diri sebagai tuan rumah ajang olahraga Commonwealth Games 2022. Presiden Konfederasi Olahraga dan Komite Olimpiade Afrika Selatan (SASCOC) Gideon Sam berharap bisa membawa kejuaraan ini ke tanah Afrika untuk"

antonius eko

Afsel Ajukan Diri Sebagai Tuan Rumah Commonwealth Games 2022
afrika selatan, Commonwealth Games

Pemerintah Afrika Selatan berencana mencalonkan diri sebagai tuan rumah ajang olahraga Commonwealth Games 2022. Presiden Konfederasi Olahraga dan Komite Olimpiade Afrika Selatan (SASCOC) Gideon Sam berharap bisa membawa kejuaraan ini ke tanah Afrika untuk pertama kalinya. 


“Inilah waktu yang tepat bagi Afrika untuk menjadi tuan rumah Commonwealth Games. Afrika Selatan sudah punya infrastruktur yang memadai. Kami sudah punya pengalaman menggelar banyak kompetisi internasional,” kata Sam. 


Kementerian Olahraga akan bekerja sama dengan SASCOC menyusun presentasi yang akan disampaikan ke kabinet Afrika Selatan, sebagai penentu keputusan akhir. Sam menambahkan, pihaknya juga akan menyeleksi kota-kota yang layak menggelar turmanen ini. Tiga kota yang paling diunggulkan adalah Durban, Cape Town dan Johannesburg. 


Sementara itu, Federasi Commonwealth Games (CGF) menyatakan hingga kini belum ada negara yang mengungkapkan keinginannya untuk menjadi tuan rumah pada 2022. batas akhir pengajuan adalah Maret mendatang. Sedangkan keputusan akhir akan diambil pada Maret 2015. 


Sam menegaskan kejuaraan itu harus dilaksanakan di Afrika pada 20022. Menurutnya, jika Afsel gagal terpilih, Nigeria atau Kenya bisa menjadi tuan rumah. Kalau Afsel akhirnya terpilih, ini akan menjadi ajang olahraga terbesar di negara itu sejak Piala Dunia 2010. 


Glasgow menjadi penyelenggara Commonwealth Games tahun ini menyingkirkan kota Abuja di Nigeria. Pada 2018, pesta olahraga ini akan diselenggarakan di Gold Coast, Australia. 


Kanada, Selandia Baru, Inggris, Wales, Jamaika, Malaysia dan India adalah negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah. (bbc) 


  • afrika selatan
  • Commonwealth Games

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!