Fifa Tambah Hukuman Bagi Pelaku Pengaturan Pertandingan di Cina

Badan sepak bola dunia Fifa memperluas sanksi untuk 58 orang yang terlibat pengaturan pertandingan di Cina. Mereka sudah dijatuhi hukuman pada 2010, dimana 25 orang mendapat sanksi dilarang terlibat kegiatan sepak bola di Cina selama lima tahun. Sementara

OLAHRAGA

Selasa, 26 Feb 2013 09:16 WIB

Author

Antonius Eko

Fifa Tambah Hukuman Bagi Pelaku Pengaturan Pertandingan di Cina

fifa, pengaturan pertandingan, cina

Badan sepak bola dunia Fifa memperluas sanksi untuk 58 orang yang terlibat pengaturan pertandingan di Cina. Mereka sudah dijatuhi hukuman pada 2010, dimana 25 orang mendapat sanksi dilarang terlibat kegiatan sepak bola di Cina selama lima tahun. Sementara 33 lainnya dilarang seumur hidup.

Kini, Komite Disiplin Fifa memutuskan hukuman itu juga berlaku di seluruh dunia, sesuai dengan kode disiplin Fifa.

“Hukuman ini menyusul penyelidikan yang dilakukan otoritas hukum Cina, yang didukung penuh Asosiasi Sepak Bola Cina (CFA), antara 2010 hingga 2012. Kasus ini terjadi pada 1990-an dan awal 2000,” kata Fifa.

Klub Liga Super Cina Shanghai Shenhua, yang pernah diperkuat Nicolas Anelka dan Didier Drogba, harus kehilangan gelar juara 2003 karena terbukti bersalah dalam kasus ini. Mereka juga didenda Rp 1,4 miliar dan pengurangan enam poin di musim ini.

Awal bulan ini, Europol mengungkapkan tengah menyelidiki 380 pertandingan mencurigakan di seluruh dunia. Kasus pengaturan pertandingan diduga dilakukan sindikat kriminal yang bermarkas di Singapura. (goal)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pemerintah Sebut Sertifikasi Layak Nikah Tak Wajib

Super You by Sequis Online, Asuransi Online untuk Milenial