OLAHRAGA

FIFA Pastikan Piala Dunia 2014 Pakai Teknologi Garis Gawang

"Induk organisasi sepakbola dunia FIFA memastikan Piala Dunia 2014 di Brazil akan menggunakan teknologi sistem garis gawang. Dalam pernyataan resmi, FIFA menyebutkan, teknologi garis gawang dianggap sukses diujicoba di ajang Piala Dunia Antarklub di Jepang"

Agus Lukman

FIFA Pastikan Piala Dunia 2014 Pakai Teknologi Garis Gawang
FIFA, Garis Gawang

KBR68H - Induk organisasi sepakbola dunia FIFA memastikan Piala Dunia 2014 di Brazil akan menggunakan teknologi sistem garis gawang. Dalam pernyataan resmi, FIFA menyebutkan, teknologi garis gawang dianggap sukses diujicoba di ajang Piala Dunia Antarklub di Jepang, Desember lalu.

Tahun ini teknologi garis gawang juga akan dipakai dalam kejuaraan Piala Konfederasi di Brazil. Teknologi ini menggunakan sensor magnet di gawang serta penggunaan kamera mata elang.

Presiden FIFA Sepp Blatter sebelumnya sudah menyatakan komitmennya untuk menggunakan teknologi garis gawang pada dua kompetisi sepakbola yang digelar di Brazil tahun ini dan tahun depan.

FIFA sudah mengundang para pengusaha untuk ikut tender penyediaan sistem teknologi garis gawang. Blatter mendorong penggunaan teknologi garis gawang sejak ia menyaksikan gol pemain Inggris Frank Lampard yang jelas-jelas masuk ke gawang Jerman di ajang Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Namun wasit asal Uruguay menolak mengesahkan gol tersebut karena bola memantul ke luar gawang.

Polemik penggunaan teknologi garis gawang menimbulkan perdebatan panas antara FIFA dengan organisasi sepakbola Eropa UEFA. Jika FIFA menginginkan teknologi garis gawang, maka Presiden UEFA Michel Platini memilih penggunaan wasit kelima di dekat gawang. (BBC)


  • FIFA
  • Garis Gawang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!