Bagikan:

Jokowi Ingin MotoGP Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Presiden menyampaikan harapannya, agar gelaran balap motor internasional MotoGP di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

BERITA | NASIONAL | OLAHRAGA

Kamis, 13 Jan 2022 14:16 WIB

MotoGP Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Barisan motor para marshal atau petugas lintasan di area paddock atau garasi Sirkuit Mandalika, NTB. (Foto: Fadli Gaper/KBR)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis (13/1/2022) meninjau kesiapan fasilitas penyelenggaraan gelaran balap internasional MotoGP di Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Presiden menyampaikan harapannya, agar gelaran balap motor internasional MotoGP di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Kita juga ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor, tapi juga memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat. Oleh sebab itu beberapa desa di sekitar Sirkuit Mandalika setelah dibangun homestay yang dibantu dari pemerintah pusat disiapkan oleh pemerintah daerah sekarang siap 300 homestay," ujar Jokowi.

Kepala Negara optimistis geliat ekonomi di NTB bisa berjalan seiring dengan ditetapkannya Mandalika sebagai KEK Pariwisata.

Jokowi berharap saat penyelenggaraan MotoGP, semua tempat penginapan atau homestay bisa terisi penuh dan memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat.

"Tadi saya sudah mengecek satu persatu homestay yang telah dikerjakan oleh Kementerian PUPR, nanti kita lihat di bulan Maret apakah ini akan terisi penuh atau tidak," tuturnya.

Tamu MotoGP Jangan Diketok Harga

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno kemarin meninjau kesiapan rumah penginapan di sekitar sirkuit, jelang perhelatan MotoGP, 18 hingga 20 Maret nanti.

Sandiaga mengingatkan para pemilik rumah penginapan atau homestay, jangan mengambil kesempatan menaikkan harga sewa menginap terlalu mahal. Untuk itu, Sandiaga menyebut, akan merilis panduan harga penginapan selama ajang MotoGP diselenggarakan.

"Anjuran maupun panduan dari kami, pemerintah , untuk memberikan panduan harga. Karena kita tidak ingin wisatawan asing yang datang ke sini kapok, karena merasa diketok," ujar Menparekraf di NTB (12/1/2022).

Sandiaga juga meyakini pengaruh ajang balap MotoGP akan mampu membangkitkan ekonomi masyarakat. Termasuk, para pemilik rumah penginapan atau homestay di kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Apalagi, akan ada 100 ribu lebih pengunjung yang datang menyaksikan MotoGP. Jumlah sebanyak itu, tidak akan mampu ditampung oleh hotel-hotel di Mandalika dan sekitarnya.

Sandiaga juga menjanjikan bantuan untuk para pemilik rumah penginapan atau homestay, supaya fasilitas layanan untuk para tamu bisa lebih ditingkatkan.

Baca juga:

Jelang MotoGP, Jokowi Cek Fasilitas Penyelenggaraan

Jokowi: Sirkuit Mandalika Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi NTB

Editor: Fadli Gaper

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Upaya Menghidupkan Dwifungsi TNI

Most Popular / Trending