OLAHRAGA

Mengaku Gay, Hitzlsperger Dipuji Kanselir Jerman

"KBR68H "

Doddy Rosadi

Mengaku Gay, Hitzlsperger Dipuji Kanselir Jerman
Thomas Hitzlsperger, gay, aston villa, kanselir jerman

KBR68H – Bekas pemain Aston Villa Thomas Hitzlsperger menjadi pemain liga Premir Inggris pertama yang mengaku bahwa dirinya gay. Selama masih menjadi pesepakbola, Hitzlsperger pernah membela West Ham United, Everton dan juga Villa.

Pengakuan itu disampaikan Hitzlsperger dalam wawancara dengan salah satu media di Jerman. Bekas pemain timnas Jerman itu pensiun dari lapangan hijau pada September lalu karena cidera yang tidak kunjung sembuh.

“Saya mengungkapkan orientasi seksual saya karena ingin membuat lebih maju diskusi tentang homoseksualitas di kalangan atlet. Saya baru sadar bahwa saya gay dalam beberapa tahun terakhir dan saya tidak malu dengan kondisi saya saat ini,”kata Hitzlsperger.

Hitzlsperger, 31 tahun, membela timnas Jerman pada 52 kali penampilan. Dia mengaku, tidak mudah untuk membuat pengakuan ini kepada publik. Karena, masalah orientasi seksual merupakan hal yang tabu dibicarakan di lingkungan atlet profesional.

“Saya baru sadar bahwa saya lebih memilih tinggal bersama pria. Saya tidak malu tetapi bukan hal yang mudah bagi saya untuk duduk di meja bersama 20 pria muda dan mereka membuat lelucon tentang gay,”kata Hitzlsperger.

Keputusan Hitzlsperger untuk membuat pengakuan tentang orientasi seksualnya mendapat dukungan dari Deputi Perdana Menteri Inggris Nick Clegg. Dia menilai, Hitzlsperger telah membuat keputusan yang berani. Clegg juga berharap, apa yang dilakukan Hitzlsperger bisa mematahkan hambatan bagi kaum homoseksual di dunia olah raga.

Kanselir Jerman Angela Merkel juga memuji tindakan yang dilakukan Hitzlsperger.

“Kita tinggal di negara di mana setiap orang tidak boleh takut untuk mengakui orientasi seksualnya,”kata Merkel. (Dailymail/Telegraph)

  • Thomas Hitzlsperger
  • gay
  • aston villa
  • kanselir jerman

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!