BERITA

Omicron Terdeteksi, Ganjar Perketat Tes dan Telusur

""Maka menjadi penting untuk semakin taat protokol kesehatan dan di Jateng akan kita giatkan lagi testing dan tracing""

Anindya Putri

Omicron Terdeteksi, Ganjar Perketat Tes dan Telusur
ilustrasi pemeriksaan covid-19

KBR, Semarang - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo kembali menggencarkan tes dan telusur (testing and tracing) di wilayahnya pasca ditemukannya virus korona varian B.1.1.529 atau omicron.

Ia juga meminta kepada kabupaten/kota yang ada di perbatasan antar provinsi dengan Jawa Tengah untuk melakukan pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan.

"Maka menjadi penting untuk semakin taat protokol kesehatan dan di Jateng akan kita giatkan lagi testing dan tracing. Kami langsung ambil sampel dari whole genome sequencing (WGS), agar bisa mendeteksi apakah omicron masuk ke wilayah Jateng atau tidak dan seperti anjuran dari Kemenkes harus berhati-hati lagi," ungkap Ganjar di Semarang, Kamis (16/12/21).

Baca: Indonesia Deteksi Omicron, Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Tak ke Luar Negeri

Ganjar mengklaim, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polda Jawa Tengah terkait lokasi pengecekan (check point) yang akan dilakukan testing dan tracing agar meminimalisir mobilitas masyarakat.

"Kemarin juga sudah koordinasi terkait pengetatan dan pengawasan mobilitas selama Nataru (Natal dan Tahun Baru) ya," jelasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan tidak bepergian selama libur Natal dan Tahun Baru 2022.

"Untuk masyarakat tolong kerja samanya tidak usah pergi-pergi dan tetap jaga prokes," pungkas Ganjar Pranowo.

Editor: Kurniati Syahdan

  • omicron
  • Varian Omicron
  • Antisipasi Varian Omicron
  • Jawa Tengah
  • testing
  • tracing
  • WGS

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!