BERITA

Natal, Ratusan Banser Jaga Gereja di Banyuwangi

""Di beberapa gereja sudah saya intruksikan teman-teman untuk membantu jaga. Kurang lebih 200 sampai 300 se Kabupaten Banyuwangi,” "

Penyemprot cairan disinfektan jelang misa natal di Gereja Maria Ratu Damai Banyuwangi, Kamis (24/12/
Ilustrasi: Penyemprot cairan disinfektan jelang misa natal di Gereja Maria Ratu Damai Banyuwangi, Kamis (24/12/2020). (Antara/Budi Candra)

KBR, Banyuwangi -  Sebanyak 300 anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dikerahkan untuk menjaga pelaksanaan misa Natal di gereja. Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Banyuwangi, Ikhwan Arif mengatakan, Hal itu dilakukan untuk mengemban tugas toleransi antarumat beragama demi menjaga keamaan pada Hari Raya Natal. 

Kata dia, khusus untuk PC GP ansor sendiri menerjunkan sekitar 50 personil Banser untuk menjaga delapan gereja prioritas yang tersebar di delapan kecamatan di Banyuwangi. Antara lain Kecamatan Kota Banyuwangi, Rogojampi, Gambiran, Siliragung, dan Muncar. Sebab delapan kecamatan itu, memiliki banyak umat Kristiani. 

Direncanakan setiap gereja akan dijaga oleh empat  hingga lima  personil Banser. Sedangkan gereja lainnya akan dijaga oleh personil Banser dari tingkatan pengurus anak cabang (PAC) Ansor di 25 kecamatan. Penjagaan akan dimulai pada malam misa Natal 24 Desember hingga 25 Desember 2021.

“Ini kita di seluruh kecamatan saya siapkan. Jadi tidak cuma di kota saja, jadi minimal ada 10 Banser di setiap kecamatan yang kita siapkan untuk menjaga keamanan di daerahnya masing-masing. Terus di beberapa gereja sudah saya intruksikan teman-teman untuk membantu jaga. Kurang lebih 200 sampai 300 se Kabupaten Banyuwangi,” ujar Ikhwan Arif, Rabu (22/12/2021) di Banyuwangi.

Baca Juga:  PPKM Level Tiga Batal, 11 Juta Orang Diperkirakan Bepergian saat Nataru

Ketua Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Banyuwangi, Ikhwan Arif menambahkan, selain terlibat dalam pengamanan Hari Raya Natal, tahun ini Banser juga akan membantu aparat Kepolisian Banyuwangi, untuk pengamanan tahun baru 2022. Personil Banser nantinya akan diperbantukan di seluruh pos pengamanan Nataru yang didirikan oleh Polresta Banyuwangi.

Sementara itu, Polresta Banyuwangi menerjunkan 1000 lebih personil gabungan, untuk mengamanan pelaksanaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022. Menurut Kabak Operasional Polresta Banyuwangi, Agung Setio Budi, Ratusan personil gabungan itu  ditempatkan di seluruh gereja di Banyuwangi dan sejumlah obyek vital selama Nataru.


Editor: Rony Sitanggang  

  • natal 2021
  • Banser jaga gereja

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!